Memilih Windows (legal) untuk Warnet

Biasanya saya menulis tentang OS Linux ataupun aplikasi Bebas lainnya, namun berhubung seringnya datang pertanyaan mengenai OS Windows maka saya memutuskan untuk menuliskan juga apa yang saya tahu mengenai Windows.

Banyak jalan menuju ke Roma. Begitu juga agar warnet anda dapat menggunakan Windows secara legal ada beberapa jalan yang tersedia dan legal. Umumnya kita mengira bahwa jalan satu-satunya adalah dengan membeli lisensi maka selesailah sudah urusan legal-ilegal ini. Namun rupanya jika kita jeli, maka pilihan itu bisa bermacam-macam.

Yang pertama tentu saja membeli lisensi. Mudah? Ternyata tidak juga, karena harga OS Windows XP cukup mahal dan menguras kantong. Sebagai contoh: Windows XP Proffesional SP2 FPP paling tidak seharga US$290 per lisensi. Karena itulah XP Pro tidak disarankan untuk Warnet. Lebih baik Warnet memilih menggunakan Windows XP Home yang harga pasaran sekitar $80 (OEM).

Cara kedua adalah dengan membeli komputer yang pre-installed OS Windows. contoh nya di sini kelebihannya adalah: keaslian Software terjamin dan harganya (paling) rendah dibandingkan membeli lisensi secara terpisah. Hal ini masuk akal sebab berkaitan dengan skala pemesanan sang vendor PC. Cuma kelemahannya adalah: cara ini hanya cocok buat warnet yang baru berdiri atau buat warnet yang ingin mengganti/memperbaharui PC-nya.

Cara ketiga adalah dengan membeli PC Second yang juga pre-installed Windows. Sebab windows versi OEM mengikut pada hardware. Cuma hati-hati, karena ada juga yang tidak asli alias COA yang tertempel adalah palsu. Seingat saya ada pernyataan resmi soal ini dari Microsoft namun saya tidak punya waktu untuk mencari (aka: malas) jadi silahkan dicari sendiri ya.

Kalo semua pilihan yang disarankan terasa mahal, ya memang begitulah kalau anda memilih menggunakan OS Windows. Tinggal berhitung saja untung rugi-nya.