Memperbaharui Firmware Canon EOS 550D

Pengkinian Firmware sebenarnya adalah hal jamak. Sebuah perangkat elektronik berbasis komputasi seperti ponsel dan kamera digital berjalan di atas perangkat lunak tertentu yang kita kenal dengan istilah firmware. Dulu kita tahunya memperbaharui BIOS pada komputer kita, sekarang bukan hanya komputer (pribadi) yang bisa diperbaharui, tapi juga perangkat elektronik seperti ponsel dan kamera.

Namun, terkadang proses pembaharuan firmware membutuhkan prosedur tertentu, dan cukup “ribet”. Selain itu resiko kegagalan sebuah pengkinian firmware berujung kepada tidak berfungsinya perangkat elektronik tersebut. Sehingg tidak semua orang mau melakukan pembaharuan tersebut sendiri. Awam lebih memilih untuk membawa ke tempat pelayanan dan meminta bantuan tenaga teknis.

Tadinya saya pun mengira proses pembaharuan firmware untuk kamera digital Canon EOS 550D juga “ribet”. Ternyata tidak. Malah setelah membaca beberapa tautan di internet, proses tersebut cukup mudah. Langkah langkahnya sebagai berikut:

Charge penuh baterai kamera
Format sebuah Kartu SD/SDHC/SDXC di kamera anda
Unduh berkas firmware di sini, pastikan setelah di unduh ukuran berkas adalah 11,355KB
Berkas berbentuk file .exe, jalankan untuk meng-ekstrak isi file
Setelah di ekstrak, copy berkas e8kr7109.fir ( ukuran: 9.315 KB) ke root directory dari Kartu SD/SDHC/SDXC
Masukkan kartu ke kamera, posisikan mode pada “P” atau salah satu creative mode.
Nyalakan kamera, tekan “menu”, pilih “firmare ver x.x.x” ( x.x.x seharusnya tertulis 1.0.8)
Tekan tombol “set”, kemudian “OK” untuk melakukan pengkinian.
Tunggu sampai proses selesai, dan jangan sampai kamera dimatikan sebelum proses selesai.

Jika proses selesai, maka firmware anda seharusnya telah diperbaharui ke versi 1.0.9 seperti yang diperlihatkan di gambar di bawah.