Contoh Paragraf Argumentasi (Pengertian, Jenis dan Ciri-ciri)

Paragraf Argumentasi – Pasti kalian pernah mengalami, saat mengungkapkan sebuah pendapat, pendapat kalian tidak diterima oleh pihak lain. Padahal pendapat yang kalian sampaikan adalah pendapat yang sangat baik dan membangun. Apa yang salah dengan pendapat kita?

Mungkin kita akan bertanya-tanya, apa yang menyebabkan pendapat kita ditolak orang lain? Saya katakan, mungkin pendapat yang anda sampaikan hanya sebuah pendapat biasa. Mengapa Saya katakan pendapat biasa? Mungkin pendapat yang kalian sampaikan tidak disertai dengan argumentasi.

Karena pendapat yang disertai Argumentasi lebih bisa diterima oleh masyarakat umum. Mungkin kita akan bertanya-tanya apa itu argumentasi? Tenang saja untuk kalian yang belum mengetahui perihal argumentasi, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama tentang paragraf argumentasi.

Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, jenis-jenisnya hingga contoh-contohnya. Pokoknya lengkap deh, maka dari itu simaklah baik-baik penjelasan tentang paragraf argumentasi. Langsung saja penjelasan tentang paragraf argumentasi sebagai berikut.

Artikel Terkait: Contoh Deskripsi Beserta pengertian, Jenis dan Cara Membuatnya

Selamat membaca!!

Pengertian Paragraf Argumentasi

Mengapa Harus Belajar Sekarang
Sebelum berbicara banyak tentang paragraf argumentasi, alangkah baiknya bila kita tahu pengertian paragraf argumentasi itu sendiri. Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang dibuat untuk menyanggah pendapat yang telah disampaikan. Atau untuk meyakinkan orang lain terhadap pendapat yang telah kita sampaikan, agar orang lain sependapat dengan apa yang kita sampaikan.

Agar paragraf argumentasi dapat diterima oleh masyarakat, maka seorang penulis harus menyertakan sumber yang menjadi rujukan. Pastinya sumber yang menjadi rujukan adalah sumber yang faktual dan bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Seorang penulis dapat mengambil sumber dari berbagai media, seperti dari buku, website, hasil research, data,teori ahli, contoh dan lainnya. Hal tersebut bertujuan agar, pendapat yang kita sampaikan tidak hanya dianggap sebagai omong kosong belaka.

Selain untuk memperkokoh pendapat yang kita sampaikan. Ternyata argumentasi juga memiliki fungsi untuk menolak pendapat yang berbeda dengan pemikiran kita. Untuk menolak pendapat orang lain, seseorang harus memiliki argumentasi yang lebih kuat dari pandapat orang tersebut.

Apabila argumentasi yang kita sampaikan lebih kuat dari lawan kita, kemungkinan besar masyarakat akan mengikuti pandapat kita. Saya katakan kemungkinan besar! karena tidak semua orang mau menerima pandapat kita. Walaupun pendapat kita lebih kuat dari pendapat mereka.

Hal ini adalah hal yang wajar terjadi, mungkin mereka telah nyaman dengan pendapat yang mereka ambil. Apabila hal ini terjadi pada diri anda, jangan kalian marah, karena pendapat anda tidak diambil oleh mereka. Tetapi berlapang dadalah dan terus perjuangkan pendapat anda agar dapat diterima masyarakat.

Ciri-ciri Argumentasi

  1. Dituliskan berdasarkan pendapat yang mengandung sebuah fakta.
  2. Argumentasi berisi pandangan atau pendapat atau keyakinan penulis tentang sebuah masalah.
  3. Memiliki sumber yang menjadi rujukan, berupa data factual, yang bertujuan untuk mengokohkan pendapatnya.
  4. Menjelaskan sebuah permasalahan, berdasarkan penelitian dan hasil analisis dari penulis.
  5. Sebuah paragraf yang dibuat untuk meyakinkan pembaca tentang pendapat penulis.
  6. Ditutup dengan sebuah kesimpulan dari permasalahan yang dijabarkan.
  7. Untuk menolak pendapat yang berbeda dengan pendapat kita.
  8. Dalam menuliskan argumentasi biasanya penulis menggunakan kalimat ajakan.
  9. Dalam menyampaikan argumentasi penulis harus menggunakan bahasa yang bersifat rasional dan objektif. Dengan menggunakan kata-kata yang lugas dan denotative.
  10. Memiliki sebuah analisis dan sintesis saat penulis menyampaikan suatu objek.
  11. Bersifat mempengaruhi para pembacanya, agar para pembaca setuju dengan pendapat atau keyakinan penulis.
  12. Mengambil refrensi dari pengalaman, pengamatan, hasil penelitian dan sikap dari penelitian.
  13. Dalam menyampaikan argumentasi penulis harus menggunakan logika dan penalaran sebagai landasan berfikir pembaca.


Tujuan Pembuatan Argumentasi

  1. Menyampaikan pendapat yang bertujuan untuk mempengaruhi para pembaca.
  2. Untuk membantah pendapat yang bertolak belakang dengan pendapat kita.
  3. Sebagai sarana memecahkan sebuah permasalahan.
  4. Memecahkan masalah tanpa harus memiliki sebuah hasil yang pasti.
  5. Untuk meyakinkan seseorang terhadap sebuah masalah, sesuai dengan pemikiran kita.


Jenis Argumentasi

Jenis Argumentasi
Perlu kalian ketahui, bahwa paragraf argumentasi dibagi menjasi dua jenis, yang setiap jenis paragraf ini memiliki perbedaan antara satu sama lain. Akan tetapi perbedaan pada paragraf ini lebih condong pada pola penulisannya. Daripada penasaran, simaklah penjelasan tentang jenis-jenis paragraf argumentasi berikut ini.

1. Pola Sebab-Akibat

Pola sebab-akibat adalah paragraf argumentasi yang dituliskan menggunakan pola sebab akibat. Dalam paragraf argumentasi jenis ini, penulis menyebutkan beberapa sebab atas sebuah masalah. Baru setelah menyebutkan sebab permasalahan, penulis menyebutkan akibat yang akan ditimbulkan dari masalah tersebut.

Contoh Pola Sebab-Akibat

Kenaikan berbagai macam harga kebutuhan pokok di Indonesia, membuat para pedagang mulai kebingungan. Mereka kebingungan dalam mengatur harga dagangan mereka. Bila mereka menjual dagangannya dengan harga mahal, dapat dipastikan dagangan mereka tidak akan laku.

Begitu juga sebaliknya bila mereka menjual dangangannya dengan harga murah, pasti mereka tidak akan untung, bahkan bisa rugi. Karena merasa kebingungan dan kehabisan modal, tidak sedikit para pedagang yang memutuskan untuk gulung tikar. Dan memilih untuk mencari pekerjaan lain.

2. Pola Akibat-Sebab

Paragraf argumentasi jenis ini adalah kebalikan dari argumentasi sebab akibat. Karena dalam paragraf ini penulis meyebutkan akibat dari sebuah masalah. Baru setelah itu dia menyebutkan sebab-sebab yang menjadi pemicu terjadinya masalah tersebut.

Contoh Pola-Akibat-Sebab

Jakarta adalah salah satu kota yang sering dilanda oleh bencana banjir. Bahkan setiap kali diguyur hujan, dapat dipastikan kota ini akan dilanda banjir, walaupun hujan tidak terlalu deras. Sebagai Ibukota Negara hal itu tidak seharusnya terjadi pada kota Jakarta.

Parahnya, penyebab bencana itu bukanlah dari faktor alam, tetapi karena sikap acuh tak acuh warga Jakarta terhadap masalah sampah. Tidak sedikit dari warga Jakarta yang membuang sampah di sembarang tempat, bahkan membuangnya disungai. Dan itulah penyebab utama terjadinya banjir yang terjadi di Jakarta.

Contoh Paragraf Argumentasi

Contoh Paragraf Argumentasi
Setelah membahas panjang lebar tentang paragraf argumentasi, kurang lengkap bila tidak membahas tentang contoh-contohnya. Selain untuk melengkapi materi pada artikel kali ini, juga untuk refrensi kalian dalam menyusun paragraf ini. Langsung saja saya akan memberikan beberapa contoh tentang paragraf argumentasi.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba
Narkoba adalah salah satu musuh terbesar manusia karena narkoba berpotensi menghancurkan geneasi muda bangsa Indonesia. Selain dapat merusak tubuh ternyata narkoba juga dapat merusak moral para pemakainya. Karena narkoba adalah salah satu benda yang dapat menyebabkan pemakainya menjadi kecanduan.

Coba bayangkan bila seorang pecandu narkoba tidak memiliki uang untuk membeli narkoba. Pasti dia akan melakukan tindak kriminal agar mendapatkan uang, hanya sekedar untuk membeli narkoba. Dan hal itu benar-benar terjadi di Indonesia, pada tahun 2016 tindak kejahatan lebih banyak daripada tahun 2015, dan salah satu faktor pemicu kejahatan adalah narkoba.

Sebenarnya dalam dunia kesehatan para dokter juga menggunakan narkoba, untuk penghilang rasa sakit, obat bius pada pasiennya. Tentu dengan kadar dosis yang normal, tidak seperti para pecandu yang menggunakannya secara berlebihan.

Salah satu penyebab hal ini adalah kurangnya perhatian para orang tua terhadap perilaku anaknya. Banyak orang tua yang tidak mengetahui pergaulan anaknya, yang mereka tau hanyalah sekedar mencarikan uang untuk anaknya. Tanpa memperhatikan lebih jauh tentang kegiatan dan kebiasaan anaknya.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan
Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia, tidak sedikit orang yang meninggal dunia karena menderita penyakit jantung. Tetapi kebanyakan orang tidak lagi memperdulikan kesehatan jantung mereka. Hal ini dapat dibuktikan oleh jumlah perokok aktif yang semakin meningkat dari tahun ketahun.

Kita semua tahu, bahwa rokok adalah salah satu peyebab penyakit jantung. Karena dalam setiap batang rokok, memiliki beribu-ribu zat adiktif yang dapat menggangu kinerja jantung manusia. Selain merokok, kurang bergerak juga dapat memicu penyakit jantung. Karena kurang bergerak, detak jantung lama kelamaan akan melambat.

Karena jantung adalah organ yang vital dalam tubuh kita, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaganya. Salah satu solusi menjaga jantung adalah dengan meninggalkan rokok dan berolahraga secara rutin. Apabila kita melakukan kedua hal tersebut dengan kontinyu, insyaallah kita tidak akan menderita penyakit jantung.

Kecuali itu sudah menjadi ketetapan dari allah. Tetapi sebagai seorang manusia yang baik kita harus selalu berusaha menjaga kesehatan jantung kita.

Dari pemaparan yang saya jelaskan di atas bisa disimpulkan bahwa merokok dan kurang bergerak akan memicu terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu sebelum semuanya terlambat, marilah kita untuk menjaga kesehatan yang kita miliki. Karena apa gunanya kekayaan tanpa dilengkapi dengan kesehatan.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sepakbola

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sepakbola
Real Madrid adalah salah satu tim sepak bola yang ditakuti oleh tim-tim sepak bola lainnya. Hal itu karena, pada tahun 2016 kemarin, raksasa Spanyol ini mampu mengumpulkan 4 trofi sekaligus, dalam semua kompetisi. Salah satu kompetisi yang dimenangkan oleh Real Madrid adalah Liga Champion.

Liga ini merupakan  salah satu liga bergengsi dikalangan tim sepak bola di Benua Eropa. Karena tim yang mengikuti kompetisi ini hanya 3 besar dari kompetisi yang diadakan di setiap Negara.

Kunci sukses Real Madrid dalam menjuarai semua kompetisi ini adalah permainan yang baik dari setiap pemain yang ada. Selain itu juga peran Zinedine Zidane yang mengatur pergerakan setiap pemain dari pinggir lapangan.

Dari pemaparan diatas dapat kita simpulkan, bahwa keberhasilan real madri dalam menjuarai semua turnamen. Yaitu kekompakan para pemain dan kepatuhan pemain dengan strategi dari sang pelatih.

Artikel Terkait: Contoh Karangan Beserta Pengertian dan Macamnya

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan
Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Indonesia adalah salah satu Negara yang tertinggal dalam aspek pendidikan jika dibandingkan dengan Negara lain. Bahkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia dan Singapura. Salah satu bukti nyata hal tersebut, banyak anak Indonesia yang belum bisa mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Selain itu, kita akan dapati kasus-kasus sulitnya mencari sekolah untuk daerah terpencil khususnya di luar Jawa. Toh, kalaupun ada pasti sekolah itu berada jauh dari tempat tinggal para muridnya. Selain jauh dari tempat tinggal, saya yakin medan yang ditempuh untuk sampai sekolah adalah medan yang sangat sulit.

Tidak sedikit saudara kita yang harus menyeberangi sungai terlebih dahulu untuk sampai ke sekolahnya. Mereka menyebrangi sungai dengan berenang, atau menggunakan gethek, karena sungai pemisah tempat tinggalnya dengan sekolah tidak dilengkapi dengan jembatan penghubung.

Selain sulitnya mencari sekolah tenaga pendidiknya pun masih sangat terbatas. Karena tenaga pendidik ini hanya berasal dari para relawan yang merelakan waktunya untuk membantu permasalah yang dihadapi bangsa ini. Wajar saja bila pendidikan di Indonesia ini tertinggal jauh dari Negara-negara lain.

Kesimpulan dari paragraf di atas adalah, kemunduran pendidikan yang ada di Indonesia disebabkan kurangnya fasilitas yang ada. Selain itu juga sulitnya mencari lembaga pendidikan yang dekat dari tempat tinggal, khususnya daerah luar jawa. Dan semua hal itu merupakan masalah yang harus diselesaikan, agar pendidikan di Indonesia dapat bersaing dengan Negara lain.

Artikel Terkait: Jenis Dan Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama
Agama Islam adalah salah satu agama yang tersebar di Indonesia sejak masa penjajahan Indonesia. Pada jaman ini Agama Islam adalah agama yang mendominasi warga Negara Indonesia ini. Yang memiliki pengikut lebih dari 80 persen penduduk yang ada di Indonesia. Agama islam masuk di Indonesia melalui para pedagang dari timur tengah. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam, karena keramahan mereka. Tidak sedikit bangsa Indonesia yang tertarik untuk belajar tentang agama islam.

Selain keramahan yang diberikan para pedagang kepada bangsa Indonesia, agama islam juga terbukti sebagai agama yang benar. Hal itu dapat dibuktikan, oleh kitab panutan umat islam yaitu Al-quran dan Sunnah. Karena sejak ratusan tahun lalu, kedua pedoman umat islam ini mampu menggambarkan kehidupan masa depan. Dan itu hanyalah salah satu bukti bahwa agama islam adalah agama yang benar.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan Moral

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan Moral
Moral remaja pada jaman sekarang sangat mengenaskan, mereka tidak lagi memperdulikan tentang moral. Mereka melakukan sesuatu dengan kemauan mereka sendiri, tidak lagi memperdulikan baik atau buruknya hal tersebut. Bahkan bila mereka ditegur seseorang, mereka akan marah dan balas menegur orang tersebut.

Mereka tidak lagi memperdulikan perkataan orang tua mereka, bahkan mereka membantah perkataan mereka. Parahnya ada seorang anak yang menjebloskan orang tuanya hanya karena mengambil sebatang kayu. Dan hal ini benar-benar terjadi di indonesia, yang merupakan satu akibat dari kerusakan moral.

Penyebab terjadinya hal tersebut, karena pergaulan yang dilakukan oleh mereka. Pikiran mereka hanya untuk mencari kesenangan, menurut apa yang mereka pikirkan. Dan itu merupakan salah satu kerusakan yang ada di Indonesia. Yang harus segera dibenahi, apabila kita memiliki keinginan untuk memajukan negara ini.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan
Pada saat ini sampah di Indonesia telah menumpuk banyak, sehingga tidak jarang bila benda ini menjadi sebab terjadinya masalah. Seperti halnya pencemaran air, pencemaran udara, penurunan daya tahan tubuh dan lain sebagainya. Karena penumpukan sampah yang begitu banyak membuat pemerintah kewalahan untuk memusnahkan benda ini.

Hal ini dikarenakan, pemerintah kurang memperhatikan masalah sampah ini. Sehingga mereka menjadi kewalahan saat benda ini benar-benar telah menumpuk di TPU. Mereka tidak memiliki sebuah antisipasi agar hal tersebut tidak terjadi. Sehingga dapat merepotkan kinerja mereka.

Selain kurangnya perhatian pemerintah terhadap masalah ini, salah satu hal yang memicu penumpukan sampah adalah ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola benda ini. Karena selain memiliki banyak keburukan, ternyata sampah adalah salah satu benda yang dapat di daur ulang kembali.

Seperti halnya dibuat sebuah kerajinan tangan, atau digunakan sebagai bahan daur ulang kertas. Selain dapat mengurangi jumlah sampah yang ada, cara ini juga sangat menguntungkan bagi pemerintah. Karena dari hasil sampah yang dimanfaatkan tersebut pemerintah mendapatkan uang dari hasil penjualan.

Demikianlah penjelasan tentang paragraph argumentasi. perlu kalian ketahui bahwa contoh yang saya buat tersebut adalah keyakinan saya terhadap sebuah masalah. Oleh karena itu semua hal yang saya tuliskan tersebut tidak seratus persen benar, tetapi pasti ada benarnya juga.

Saya menuliskan argument tersebut hanya agar kalian mengerti gambaran tentang paragraf argumentasi. Yang saya inginkan adalah memberikan ilmu pada seseorang, bukan memberikan contekan pada seseorang. Maka jadikanlah contoh tersebut hanya sebagai contoh dan buatlah sebuah paragraf argumentasi dengan cara kalian sendiri.

Jangan jadikan contoh yang saya berikan ini sebagai bahan contekan kalian saat menerima tugas. Yah mungkin itu saja pesan yang saya sampaikan kepada kalian, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Saya mengucapkan terima kasih atas kunjugan lakian ke halaman ini. Jangan Pernah Bosan Mampir Yah