PDF Reader yang cocok untuk Warnet

PDF merupakan format file yang banyak digunakan dalam tukar menukar dokumen digital. sesuai dengan namanya: Portable document format, file berformat pdf bersifat portable dan bisa di baca di hampir semua platform bahkan di platform mobile pun reader-nya tersedia.

Namun jika berhubungan dengan warnet, maka reader untuk pdf haruslah dipilah dengan seksama. Sebab umumnya reader memberikan syarat “not for rent” yang cukup merepotkan warnet ( ingat MSRA? ). Karena itulah dalam memilih pdf reader sebaiknya dipilih yang benar-benar free/bebas ataupun jika proprietary, dipilih yang persyaratan penggunaannya seringan mungkin. Tentu reader berbasis GPL adalah pilihan pertama, namun kadang mereka cuma tersedia di platform linux, sementara untuk platform Windows yang banyak tersedia (selain yang berbasis GPL) adalah reader proprietary.

PDF Reader yang saya sarankan untuk warnet ( berbasis Windows ) adalah sbb:

  • Sumatra PDF Viewer
  • Foxit Reader

Sumatra PDF adalah pdf reader Open Source, langsing dan cepat. Sifatnya juga portable sehingga binary-nya (executeable file) dapat disimpan di dalam sebuah USB Flash Disk untuk di jalankan di komputer lain. Sementara Foxit adalah sebuah reader propietary namun lisensi-nya membebaskan kita untuk menggunakannya baik personal maupun non personal. Untuk lebih jelas-nya anda dapat membaca perjanjian lisensi-nya disini.

Kedua pdf reader ini memiliki kelebihan masing-masing. Sumatra seperti di tuliskan di paragraf di atas, langsing, cepat, portable. Sedang Foxit memiliki kelebihan pada fasilitas-fasilitas yang ditawarkan seperti advance search, text capture, minimizing system to tray dan tentu saja: tampilan yang familiar bagi pengguna adobe reader. Foxit reader juga tersedia bagi pengguna Linux.

Tidak masalah yang mana dari kedua aplikasi tersebut menjadi pilihan anda. Malah saya menyarankan untuk memasang kedua-nya agar user memiliki pilihan dalam menggunakan pdf reader favorit.