Berita Acara : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Membuat Berita Acara

Pengertian Berita Acara

Pengertian Berita Acara Terbaik dan Terbaru 2020 – Dalam dunia kerja, segala kegiatan atau apapun yang kita lakukan berkaitan dengan pekerjaan kita selayaknya rapih secara administratif, ini ditujukan supaya pekerjaan kita terekam secara jelas di atas hitam putih.

Seperti halnya satu dokumen yang penting dalam dunia pekerjaan, yaitu berita acara. Apa itu berita acara? Mari kita kupas tuntas semua yang menyangkut tentang berita acara.

Pengertian Berita Acara?

Berita acara adalah bukti legal yang berisi pengesahan dan pernyataan dalam suatu acara, peristiwa, serah terima, insiden, transaksi atau jual beli. Berita acara, biasanya difungsikan sebagai bukti legal suatu kejadian tertentu.

Yang mana berita acara akan berfungsi sebagai keabsahan suatu kegiatan yang telah dilakukan. Berita acara juga memiliki peran terpenting dalam masing-masing instansi. Dan dari instansi tersebut akan menggunakan berita acara sebagai bukti otentik suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas, dan si penerima tugas akan membuktikan bahwa ia menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.

Baca: Contoh Berita Acara

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Jika yang akan dibahas adalah berita acara. Tapi sebelumnya kita akan membahas mengenai apa itu berita. Agar lebih jelasnya pengertian dari berita adalah suatu informasi yang digambarkan sebagai laporan yang berupa fakta-fakta dari adanya suatu peristiwa. Dengan adanya hal tersebut arti dari berita memiliki pengertian yang berbeda menurut para ahlinya. Untuk itu berikut akan dijelaskan arti berita dari para ahli :

1. Charles A. Dana

Pengertian berita menurut Charles A. Dana adalah laporan setiap saat atau sesuatu yang menarik untuk pembacanya dan berita terbaik dinilai dari kemenarikannya bagi para pembaca. Sedangkan berita acara merupakan laporan suatu peristiwa yang terbukti keabsahannya.

2. Neil McNeil

Neil McNeil memberikan pengertian berita berupa gabungan fakta dan peristiwa-peristiwa yang menimbulkan pusat perhatian atau kepentingan bagi para pembaca surat kabar. Yang mana kelanjutan dari berita tersebut akan terbukti informasinya.

3. Catledge Turner

Pengertian berita menurut Carledge Turner adalah segala sesuatu yang tidak diketahui masyarakat kemarin. Secara langsung, dan dapat diketahui pada hari berikutnya dengan ditandai sebuah fakta yang tepat dan terperinci.

4. Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979)

Arti berita atau news menurut Oxford Paperback Dictionary dapat diartikan tentang peristiwa terbaru. Yang menyajikan susunan data secara runtut dan terbukti keasliannya.

5. William S. Maulsby

William S. Maulsby memberikan arti berita berupa sesuatu penuturan secara benar dan tidak memihak pada siapapun dan juga dari fakta yang memiliki arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat hal tersebut.

6. Romli (2005:3)

Berita menurut Romli, arti berita yang menyajikan peristiwa utama sebuah media massa di samping views (opini). Mencari bahan berita lalu menyusunnya merupakan tugas pokok wartawan atau notulen dari salah satu instansi dari bagian redaksi sebuah penerbitan pers.

7. Suhandang

Berita atau laporan menurut Suhandang adalah pemberitahuan tentang segala peristiwa aktual yang menarik perhatian orang banyak. Sesuai dengan aturan terperinci dari peristiwa tersebut.

8. Menurut Kamus Komunikasi

Menurut Kamus Komunikasi adalah suatu laporan mengenai hal atau peristiwa yang baru saja terjadi, menyangkut kepentingan umum dan disiarkan secara cepat oleh media massa; surat kabar, majalah, radio siaran, televisi siaran. Yang mana siaran tersebut sesuai dengan fakta-fakta yang ada secara tertulis dan terperinci.

Berbeda dari beberapa ahli yang mendefinisikan sebuah berita. Maka dari itu, akan di dapatkan peran dalam hal Berita Acara yang nantinya akan digunakan sebagai penyelesaian suatu peristiwa yang tercatat secara detail atau terperinci.

Baca Juga: Contoh Ice Breaking

Cara Membuat Berita Acara

Tidak hanya surat resmi saja yang memiliki cara pembuatannya. Namun, berita acara pun juga memiliki cara terbaiknya. Agar apa yang diberikan dalam informasi sesuai dengan kejadian yang runtut. Untuk itu, berikut adalah cara membuat berita acara yang tepat :

  • Acara kegiatan sebaiknya diberikan secara terperinci sepertipeletakkan nama, tempat tinggal, tanggal lahir, alamat rumah, dan lain-lain berada dalam tara urutan yang tepat. Ini dapat memberikan keabsahan informasi yang ada seperti halnya nomer identitas (KTP, NPWP dan SIM).
  • Urutan waktu kronologi dan latar belakang harus setara dan jelas.
  • Tempat peristiwa perlu dicatat, seperti alamat lengkap, mulai dari kode pos.
  • Adanya tanda tangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam acara.
  • Harus memiliki saksi ketika dibutuhkan untuk keabsahan suatu berita.
  • Memiliki kesepakatan dalam berita acara seperti terima barang, jabatan, dan pekerjaan yang lebih rinci.

Sedikit cara membuat teks berita acara yang harus diketahui. Sebelum membuatnya akan mempermudah kerangka dan kelengkapan informasi. Hal ini, digunakan untuk mengantisipasi berita yang mengandung hoax atau penipuan. Sehingga berita acara yang dibuat memiliki hak tanggung jawab yang besar.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Berita Acara

Membuat berita acara tidak boleh dianggap remeh dan malah asal-asalan. Ini menyangkut profesionalitas kerja. Maka, dalam pembuatnya, kita harus benar-benar memperhatikan poin-poin penting dalam berita acara tersebut.

  1. Pastikan untuk mencantumkan pihak-pihak yang terlibat dalam acara tersebut. Jangan lupa untuk memperhatikan detail dari pihak-pihak yang bersangkutan; seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, jabatan dan lainnya yang harus tercantum pada berita acara tersebut. Jangan sampai detail ini terlewatkan, karena ini sangat penting.
  2. Dalam penyusunan berita acara serah terima sebuah barang, jenis barang yang diserah terimakan antara kedua belah pihak harus dijelaskan secara detail.
  3. Pastikan untuk mencantumkan waktu kejadian. Jelaskan secara detail jika memang diperlukan; seperti menjelaskan secara detail dengan mencantumkan jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun.
  4. Perhatikan dan pastikan lokasi tempat kegiatan dilaksanakan juga tercantum pada berita acara tersebut. Ini bisa berupa detail seperti alamat lengkap sampai dengan kode pos.
  5. Sebagai dokumen administrasi resmi, dokumen ini harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat atau pihak-pihak yang berwenang yang terlibat dalam acara tersebut.
  6. Pastikan untuk mencantumkan saksi jika diperlukan. Ini sebagai tanda bukti bahwa dokumen tersebut sah dan benar.

Baca : Contoh Pidato HUT RI

Tujuan Serta Kegunaan Berita Acara

Secara umum kegunaan surat berita acara adalah sebagai alat dokumentasi atau pegangan untuk sebuah lembaga atau institusi yang membuktikan bahwa sudah terlaksana suatu kegiatan atau peristiwa tertentu sudah terjadi pada waktu dan tanggal yang sudah ditentukan.

Selain kegunaan surat berita acara secara umum, terdapat pula tujuan pembuatannya secara rinci atau menjurus sesuai dengan kondisi dibuatnya surat ini. Berikut beberapa jenis surat berita acara beserta kegunaannya, diantaranya:

Kegunaan Berita acara serah terima

Kegunaan surat berita acara yang pertama sesuai dengan jenisnya adalah berita acara serah terima, yang dibedakan kembali menjadi beberapa jenis atau bagian dengan fungsinya masing – masing.

Jenis yang pertama adalah berita acara serah terima hasil pekerjaan yang memiliki fungsi untuk membuktikan bahwa pekerjaan yang sudah diamanahkan oleh pihak lain sudah mampu diselesaikan dengan baik dan pihak pelaksana sudah mampu bertanggung jawab dengan baik.

Surat berita acara ini bisa dibuat diakhir misi saat semua pekerjaan sudah rampung dengan sempurna.

Kedua adalah berita acara serah terima jabatan yang berfungsi sebagai bukti yang sah adanya serah terima jabatan antara dua pihak yang bersangkutan.

Surat berita acara ini membutuhkan tanda tangan beberapa pihak sebagai penguatan atau adanya pengakuan dari beberapa pihak contohnya, ditandatangani pemegang jabatan, ditandatangani yang diserahi jabatan, dan pimpinan.

Selanjutnya adalah surat berita acara serah terima barang yang fungsinya sebagai bukti telah terjadinya pembelian barang dan barang tersebut sudah diserahkan kepada pihak yang membeli.

Kegunaan Berita acara rapat

Berita acara rapat merupakan berita acara yang paling sering digunakan, terutama di dalam sebuah organisasi atau instansi tertentu, karena saat akan memutuskan sesuatu biasanya akan mengadakan rapat untuk mencapai hasil yang mufakat.

Berita acara rapat ini berfungsi sebagai dokumentasi atau catatan hasil rapat yang berisi poin – poin penting yang sudah disepakati bersama. Dalam sebuah rapat sangat penting dibuat surat berita acara ini sebagai dokumentasi hasil pertemuan resmi yang sudah diadakan. Surat ini perlu ditandatangani oleh pemimpin rapat dan sekretaris.

Kegunaan Berita acara kegiatan

Kegunaan surat berita acara sesuai dengan fungsi yang selanjutnya adalah berita acara kegiatan. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa kegiatan formal maupun informal untuk dokumentasi resmi dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan.

Beberapa kegiatan yang memungkinkan membutuhkan berita acara seperti pagelaran seni, seminar, diskusi ilmiah, konsert, pertandingan olahraga dan lain sebagainya. Selain berisikan poin – poin penting sebuah kegiatan, surat ini bisa juga bisa dilengkapi dengan informasi penilaian dari sebuah kegiatan.

Kegunaan Berita acara kejadian

Berita acara kejadian merupakan sebuah catatan yang berisi kronologi kejadian tertentu dan biasa digunakan sebagai berita acara sebuah tindak kriminal seperti peristiwa kecelakaan, peristiwa perampokan, peristiwa pembunuhan, peristiwa pencurian dan masih banyak lagi.

Berita acara kejadian memiliki fungsi yang sangat penting sebagai alat untuk membuktikan sebuah kejahatan atau peristiwa sebenarnya dan menjadi salah satu alat bukti rumah sakit, kepolisian, kehakiman dan bukti penting lainnya.

Kegunaan Berita acara kesepakatan

Saat sebuah rapat atau perundingan beberapa pihak lalu sudah menemukan kesepakatan bersama maka diperlukan sebuah berita acara kesepakatan untuk menuliskan poin – poin yang sudah disepakati bersama.

Berita acara kesepakatan juga dibuat untuk mendokumentasikan hasil kesepakatan agar tidak ada pihak yang bisa melanggar hasil yang telah disepakati bersama tersebut agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Berita acara ini sifatnya mengikat seluruh orang yang sudah menyepakati sebuah hasil yang tentunya sudah ikut menandatangani hasil kesepakatan tersebut serta mendukung keputusan dengan menjalankan seluruh kesepakatan yang ada.

Kegunaan Berita acara pemeriksaan

Kini kita akan membahas mengenai berita acara pemeriksaan yang sudah pasti dibuat oleh pihak yang berwajib atau pihak kepolisian.

Biasanya berita acara akan dibuat oleh notulen hukum kemudian diterbitkan oleh pihak kepolisian yang bisa digunakan sebagai salah satu bukti pada persidangan di pengadilan nantinya.

Fungsi dari surat berita acara pemeriksaan ini adalah untuk mendokumentasikan atau mengarsipkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak polisi terhadap penentuan atau pemilihan tersangka maupun korban dalam suatu peristiwa atau kejadian.

BAP ini merupakan sebuah cerita yang diungkapkan secara detail dan bisa jadi sangat panjang yang tidak seperti berita acara lainnya dimana dibuat secara singkat atau poin – poinnya saja.

Dalam sebuah berita acara hukum di dalamnya terdapat banyak pertanyaan dari pihak yang berwajib serta terdapat banyak jawaban dari pihak yang diselidiki tergantung dari peristiwa yang sedang terjadi. Saat membuat BAP, kedua belah pihak harus hadir, baik yang mengundang maupun yang diundang.

BAP ini juga memiliki fungsi lain yang tidak kalah pentingnya selain mendokumentasikan sebuah peristiwa, juga bisa menjadi bukti penangkapan, bukti penyitaan benda, bukti penggeledahan, bukti penahanan, bukti pemeriksaan pemeriksaan dan masih banyak lagi.

kegunaan surat berita acara memang sangat penting dalam sebuah peristiwa dan wajib ada, terutama dalam acara formal yang melibatkan organisasi atau instansi tertentu karena akan menjadi bukti tertulis dan menghindari kesalahpahaman kemudian hari. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang baik bagi para pembaca. Sekian.

SHARE