Pengertian Souvenir Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Irwinday.web.id – Ketika datang ke sebuah acara seperti seminar atau pernikahan, selain snack pasti ada barang yang khusus untuk dibawa pulang oleh tamu undangan,yang lebih dikenal dengan souvenir. Pengertian souvenir secara lebih lengkap baik umum maupun para ahli beserta esensinya, akan dijelaskan pada tulisan di bawah ini. Jadi simak sampai akhir ya.

souvenir unik

Pengertian Souvenir Secara Umum

Berasal dari bahasa Prancis, yang artinya adalah sebuah memori atau kenang-kenangan. Jika ditinjau secara sederhana, pengertian souvenir adalah sebuah pengingat dari tempat yang pernah dikunjungi. Selain untuk menunjukkan dimana mereka pernah berada, juga sebagai pengingat bahwa pernah terlibat dan apa yang paling berkesan dalam sebuah event atau acara.

Pengertian lainnya, souvenir merupakan oleh-oleh atau cindera mata yang diberikan secara khusus dari satu orang ke orang lainnya. Tidak melulu mempunyai tujuan, terkadang hanya ingin mengapresiasi karena sudah pernah datang, dalam acara pernikahan misalnya. Bahkan pada beberapa kesempatan, souvenir merupakan sesuatu yang wajib dan tak terlupakan.

Selain sebagai kenang-kenangan juga berfungsi sebagai sarana promosi sebuah perusahaan sebagai strategi marketing yang efektif. Citra perusahaan menjadi baik dan terkenal karenanya. Jenisnya pun bermacam-macam entah untuk pajangan atau bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti handuk, topi, souvenir tumbler, gelas dan lain sebagainya.

Jika dalam bahasa Inggris, souvenir mempunyai arti buah tangan, cindera mata atau kenang-kenangan. Bisa juga dikatakan sebagai “something of sentimental value” yaitu sesuatu yang menyentuh perasaan atau bermakna. Sehingga tak heran jika Anda pernah menemui seseorang menangis bahagia hanya karena oleh-oleh yang diberikan kekasih.

Sangat banyak pengertian yang sudah dijelaskan, sehingga kesimpulannya souvenir merupakan oleh-oleh atau cindera mata yang diberikan oleh seseorang kepada yang lain. Tujuannya memberikan apresiasi, sebagai tanda terima kasih atau sarana promosi perusahaan. Namun, Anda juga perlu mengetahui definisi souvenir menurut para ahli.

Definisi Souvenir Menurut Para Ahli

Tidak kalah, para ahli juga ikut andil dalam memberikan definisi souvenir. Karena bagaimanapun, keberadaannya juga sangat familiar di masyarakat.

1. Nurnitasari (2009)
Yaitu sebuah benda yang identik dengan sebuah daerah atau event tertentu. Secara umum bentuknya sangat ringkas (tidak terlalu besar), kecil dan terkadang memiliki nilai artistik yang bisa digunakan untuk memepercantik interior sebuah ruangan. Proses pembuatannya membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar disukai banyak orang.

2. Prakosa dan Cheon (2013)
Yaitu beberapa benda yang sengaja dibeli dengan tujuan agar dijadikan sebagai pengingat ddari sebuah pengalaman tertentu. Biasanya diproduksi secara komersial, dalam jumlah yang banyak, menyeluruh dan sering kali dihubungkan dengan turisme. Tokonya mudah ditemui di beberapa tempat wisata, dengan harga yang sangat bervariasi.

3. Kamus The Colling Cobuild Dictionary (2009)
Memberikan pengertian bahwa souvenir adalah sebuah benda yang bentuknya relatif kecil. Digunakan sebagai hadiah, dibeli atau disimpan sebagai sebuah kenang-kenangan akan suatu kejadian atau tempat tertentu. Identik dengan sebuah perjalanan parirwisata. Tetapi juga bisa yang lainnya seperti pernikahan, atau seminar.

4. Kamus Webster English Dictionary
Souvenir diartikan sebagai benda yang dibawa pulang oleh wisatawan atau seseorang yang baru saja berkunjung ke suatu tempat sebagai kenang-kenangan atau pengingat bagi perjalanan yang dilakukan. Juga sebagai salah satu motivasi seseorang dalam melakukan perjalanan.

Pasti keluarga, teman atau sahabat Anda pernah menanyakan “souvenirnya mana” atau “oleh-olehnya mana”. Sehingga dari beberapa penjelasan mengenai pengertian souvenir di atas dapat disimpulkan sebagai benda kecil yang digunakan sebagai pengingat, kenang-kenangan, oleh-oleh atau hiasan. Bergantung dari bentuk atau jenisnya.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar