Visi dan Misi: Pengertian, Manfaat & Perbedaan Visi dan Misi

Pengertian dan Perbedaan Visi Misi

Pengertian dan Perbedaan Visi Misi Terbaik dan Terbaru 2020 – Di dalam menjalankan sebuah roda organisasi, yayasan maupun lembaga, tentu saja mempunyai satu tujuan serta impian bersama yang ingin dicapai. Nah, tatakan tujuan dan impian tersebutlah yang akan dipakai sebagai landasan dasar untuk menjalankan aktivitas-aktivitas di dalamnya.

Supaya lebih jelas, maka tujuan tersebut akan dibuat ke dalam wujud tulisan yaitu sebagai visi dan misi. Jadi secara sederhana visi merupakan suatu gambaran sedangkan misi merupakan cara untuk bisa meraih apa yang telah di kabarkan tersebut.

Visi dan misi menjadi suatu hal yang paling pokok agar seluruh anggota dalam organisasi atau lembaga tersebut mempunyai titik fokus yang sama. Selain digunakan sebagai pedoman, visi misi juga memiliki fungsi sebagai pemersatu pemikiran supaya target utama dari organisasi atau lembaga tersebut bisa tercapai.

Supaya lebih jelas lagi, maka Anda dapat memahami pembahasan tentang visi dan misi yang akan kami berikan di dalam artikel ini.

Pengertian dari Visi dan Misi

Pemahaman mengenai visi dan misi akan didapat jika Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan visi dan misi. Kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Berikut ini adalah pengertian dari masing-masing istilah tersebut agar Anda menjadi tahu kejelasan perbedaan keduanya.

Pengertian visi

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi. Bisa dikatakan visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Ia berisi pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran itu adalah gambaran dari masa depan dari organisasi yang ingin dicapai.

Ada juga yang berpandangan bahwa visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah managemen lembaga. Ini sangat menentukan akan dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di masa depan. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga harus memiliki arah yang jelas.

Adapun rangkuman dari pengertian visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Visi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.
  2. Visi merupakan suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.
  3. Visi memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

Syarat-Syarat Visi
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah visi, diantaranya:

  • Berorientasi pada masa depan
  • Sebagai wujud ekspresi kreativitas
  • Tidak berdasar pada kondisi saat ini
  • Berdasar pada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan kepada masyarakat

Pengertian Misi

Setelah mengetahui pengertian dari visi, maka kini Anda akan diajak mengetahui apa yang dimaksud dengan misi. Jika tadi sudah diungkap bahwa visi merupakan tujuan atau arah utama. Maka bisa dikatakan misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Di samping itu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi atau tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Ada juga yang menyatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Apabila visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, maka misi akan menjabarkan visi tersebut dalam beberapa kalimat yang lebih luas supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

  1. Suatu penjabaran dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.
  2. Misi merupakan suatu langkah ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkytan untuk dapat mencapai visi yang utama.
  3. Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

Baca Juga: Contoh Struktur Organisasi OSIS

Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang keorganisasian pernah menjelaskan tentang pengertian visi dan misi, diantaranya adalah:

1. Indrakaralesa

Menurut Indrakaralesa, pengertian visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

2. Djamaludin Ancok

Menurut Djamaludin Ancok, pengertian visi adalah statement yang berisi arahan yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan oleh suatu organisasi di masa depan.

3. A. Aditya

Menurut A. Aditya, pengertian visi adalah pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa mendatang.

4. Mita B. H

Menurut Mita B. H, arti visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa yang akan datang.

5. Arry Akhmad Arman

Menurut Arry Akhmad Arman, pengertian visi adalah pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai individu atau sebuah organisasi di masa depan.

Sedangkan pengertian misi adalah pernyataan-pernyataan yang menjelaskan apa yang sedang dan akan dilakukan atau yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

6. Burt Nanus

Menurut Burt Nanus, arti kata visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

7. Wibisono

Menurut Wibisono, pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan pengertian misi adalah penetapan sasaran atau tujuan perusahaan dalam jangka pendek (1 – 3 tahun).

8. Sapta Nirwandar

Menurut Sapta Nirwandar, pengertian misi adalah langkah atau kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

9. Edwin A. Locke

Menurut Edwin A. Locke, pengertian misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi suatu organisasi.

Visi dan Misi Di Organisasi

Di dalam organisasi pun juga dibutuhkan yang namanya visi dan misi. Organisasi tanpa visi dan misi ibarat rumah yang dibangun tanpa adanya pondasi. Sehingga itu menyebabkan rumah tersebut menjadi mudah retak dan roboh.

Nah, dalam membuat visi misi organisasi tentu tidak bisa instan, Anda harus benar-benar melakukan musyawarah untuk membentuknya. Dengan demikian, organisasi akan benar-benar hidup dengan visi misi tersebut dan tentunya visi misi yang dibuat dalam sebuah organisasi tidak jauh berbeda dengan nama organisasi tersebut.

Cara Membuat Visi dan Misi

Dalam membuat visi dan misi, tidaklah mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Namun, intinya adalah visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang tanpa adanya unsur terburu-buru. Harus benar-benar sesuai dengan cita-cita lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Dalam membuat suatu visi dan misi, juga harus dipertimbangkan secara matang untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.

Fungsi Visi dan Misi

Visi dan misi memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri. Dan ini penting untuk diketahui. Karena tanpa adanya visi dan misi, organisasi atau lembaga akan sulit untuk hidup dan berkembang. Nah, berikut adalah ulasan mengenai fungsi dari visi misi yang penting untuk diketahui.

  • Untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah perkumpulan
  • Sebagai dorongan untuk selalu maju dan berkembang
  • Untuk menghindari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan
  • Untuk senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang
  • Untuk memudahkan anggotanya yang ingin masuk ke perkumpulan tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan

Perbedaan Visi dan Misi

Setelah mengetahui visi dan misi secara umum, selanjutnya Anda akan diajak untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Banyak orang yang salah dalam memahami visi misi sehingga penting untuk memahami beberapa point yang akan disampaikan berikut ini.

  1. Visi lebih kepada gambaran secara garis besar, tujuan utama, atau cita-cita tertentu dari sebuah perusahaan, organisasi, ataupun instansi di masa mendatang atau masa depan. Sedangkan misi sendiri lebih kepada gambaran dari langkah-langkah yang akan dikerjakan untuk bisa mewujudkan cita-cita tersebut.
  2. Visi lebih berwujud cita-cita dalam jangka panjang dan ia memiliki orientasi yang ke depan. Sementara misi wujudnya lebih kepada cita-cita jangka pendek yang orientasinya lebih kepada masa saat ini.
  3. Umumnya, visi memiliki sifat yang permanen. Sehingga saat suatu instansi atau lembaga tertentu membuat visi, mereka tidak akan cenderung untuk mengubah visi tersebut. Ini juga sangat berkaitan dengan konsistensi serta kredibilitas dari lembaga yang bersangkutan. Sedangkan misi sendiri umumnya akan berubah saat misi yang direncanakan dianggap tidak sukses atau gagal untuk mewujudkan visi atau cita-cita lembaga.
  4. Umumnya, visi terdiri dari beberapa kata atau sederet kalimat saja atau poin yang dimilikinya lebih padat, jelas, dan mewakili anggota-anggotanya. Sementara untuk misi sendiri umumnya memiliki beberapa kalimat sebagai pendabaran dari visi. Sehingga misi biasanya memiliki kata-kata yang lebih panjang dibandingkan dengan visi.
  5. Untuk visi, umumnya berisi pernyataan yang sifatnya umum. Sementara misi biasanya berisi pernyataan yang lebih detail dan khusus.

Perhatikan tabel berikut untuk lebih memahami perbedaan visi dan misi.

No. VISI MISI
1 Visi adalah cita-cita, tujuan utama yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan Misi adalah penjabaran tentang strategi, tindakan, dan tahapan dalam upaya merealisasikan visi.
2 Visi merupakan tujuan jangka panjang dan berorientasi pada masa depan. Misi merupakan tujuan jangka pendek dan berorientasi pada masa kini.
3 Pada umumnya visi sifatnya permanen dan sangat berkaitan dengan kredibilitas dan konsistensi suatu organisasi. Misi dapat diubah sesuai dengan situasi dan kondisi namun tetap mengacu pada visi.
4 Pada umumnya visi dibuat dalam deretan kalimat yang singkat, padat, jelas, serta dapat mewakili semua hal. Misi dibuat dalam bentuk kalimat yang lebih panjang dan dijabarkan lebih panjang dibandingkan visi.
5 Visi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya umum. Misi mengandung pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus dan lebih terperinci.

Manfaat Visi dan Misi Bagi Organisasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa visi dan misi dalam sebuah organisasi punya peranan yang sangat penting. Mengacu pada pengertian visi dan misi di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat visi dan misi dalam organisasi:

1. Manfaat Visi

  • Menjadi media untuk menjembatani kondisi organisasi saat ini dan di masa depan
  • Meningkatkan standar kerja yang lebih baik
  • Menumbuhkan rasa memiliki terhadap organisasi
  • Menumbuhkan dan meningkatkan tanggungjawab dan etos kerja karyawan

2. Manfaat Misi

  • Menentukan tujuan dasar sebuah organisasi
  • Menciptakan kondisi organisasi yang sehat seperti pada umumnya
  • Menjadi pedoman dalam membuat rencana bisnis
  • Membantu individu untuk mengidentifikasi tujuan organisasi
  • Memacu organisasi untuk berinovasi untuk menghadapi persaingan
  • Membantu individu maupun organisasi dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan visi organisasi
  • Memberikan dan menterjemahkan tujuan dasar organisasi sehingga parameter waktu, biaya, dan kinerja dapat dikontrol dan dievaluasi.

Baca Juga: Pengertian SOP

Demikian artikel singkat tentang apa itu visi dan misi, pengertian, definisi, Beda visi misi atau Perbedaan Visi dan Misi beserta beberapa contoh visi dan misi perusahaan. Semoga bermanfaat untuk rekan – rekan sekalian

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar