Penyebab Penyakit Asam Urat

Secara umum, penyakit ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Bisa jadi kandungan kimia tersebut tidak bisa ikut serta dikeluarkan bersama tinja maupun urin, sehingga mengendap dan menjadi semakin banyak. Terlebih jika dibiarkan begitu saja bisa membuatnya berubah bentuk padat dan kristal di sekitar sendi.

Penyebab Asam Urat

Hal itu diperparah dengan konsumsi makanan yang mengandung banyak purin yaitu suatu zat kimia yang menghasilkan asam urat dalam tubuh secara alami. Selain itu juga ada penyebab lain, diantaranya adalah:

Faktor resiko usia dan jenis kelamin

Laki-laki lebih mudah dan sering terkena penyakit asam urat jika dibanding dengan perempuan. Hal itu memang benar adanya, namun belum ada penjelasan alasan secara ilmiah dan tepat. Tak hanya itu, orang tua juga lebih rentan terkena asam urat karena memang mereka mempunyai tulang dan sendi yang sudah tua pula sehingga sangat sensitif dan mudah rapuh.

Faktor genetik

Ini merupakan faktor penyebab yang paling umum bagi kebanyakan penyakit, termasuk asam urat. Jika Anda mempunyai riwayat keluarga yang pernah terkena asam urat, maka besar kemungkinan Anda juga mudah terkena penyakit tersebut.

Terlalu banyak konsumsi obat-obatan tertentu

Tidak semua obat yang ada aman untuk kesehatan sendi atau anti-asam urat. Misalnya saja adalah aspirin, diuretik, obat kemoterapi, hingga cyclosporine. Sebab semua itu mempunyai aturan tersendiri jika dikonsumsi secara terus menerus setiap hari dalam beberapa periode bisa menimbulkan penumpukan asam urat.

Jadi, bila memang Anda mempunyai penyakit nyeri sendi sebaiknya tanya dan konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat tertentu. Anda juga bisa meminta pengganti obat lain yang bermanfaat sama, namun tetap aman dari asam urat.

Kelebihan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebihan biasa mudah terserang penyakit dan salah satunya adalah asam urat. Sayangnya tidak ada penjelasan dan penelitian khusus secara ilmiah mengenai penyebab yang satu ini. Namun yang pasti sudah sering terjadi yang demikian.

Pernah melakukan operasi tulang atau cedera

Tentu saja bekas bedah ataupun cedera ringan bisa menyebabkan nyeri sendi yang berkepanjangan, terlebih itu masih baru. Sisa-sisa operasi tersebut menjadikan tulang atau sendi sudah tidak cukup baik lagi dan menimbulkan pengendapan asam urat di sekitarnya.

Pola makan dan minum yang tidak tepat

Ada beberapa makanan yang mengandung purin seperti halnya seafood ataupun daging hewan. Jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi salah satunya bisa memudahkan pemadatan asam urat di sekitar sendi. Ditambah lagi Anda kekurangan minum air mineral, sehingga menghambat jalan keluarnya asam urat bersama urin dan tinja.

Penyakit Lain karena Asam Urat

Jika sudah terlanjur cukup parah dan dibiarkan begitu saja, sangat beresiko menimbulkan penyakit lain yang juga berbahaya yaitu:

Kerusakan sendi

Merupakan komplikasi yang sering dialami oleh penderita asam urat. Tentu saja hal itu ditandai dengan adanya rasa nyeri yang begitu kuat dan parah. Bahkan bisa menyebabkan tulang atau sendi menjadi rapuh dan turun manfaatnya. Jika sudah begitu, penderita akan sulit beraktivitas secara maksimal.

Tophi

Adalah suatu penyakit yang ditandai dengan adanya penumpukan pembekuan di bagian tubuh tertentu seperti jari kaki, jari tangan, lutut, hingga telinga. Hal itu tampak seperti benjolan yang cukup keras dan sakit jika terkena tekanan. Apabila tidak segera diatasi, maka jenis penyakit ini akan membesar seiring berjalannya waktu.

Batu ginjal

Berdasarkan penelitian ahli mengatakan bahwa hampir 25 persen penderita asam urat juga mengalami batu ginjal. Pasalnya, hal itu disebabkan adanya asam urat yang menumpuk dan membatu dalam tubuh, sehingga menghambat proses buang air kecil dan bahkan terasa sangat sakit saat beraktivitas biasa.

Jantung koroner

Mengejutkannya, bahkan bisa menyebabkan jantung koroner. Hal itu disebabkan adanya sam urat yang mengkristal disertai dengan penyumbatan purin dalam tubuh, sehingga menghambat proses peredaran darah. Kemudian jantung akan sulit mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan fungsinya menjadi menurun drastis.

Oleh sebab itu, jika Anda menemukan salah satu tanda-tanda asam urat segera lakukan tindakan pengobatan baik itu secara alami maupun tidak. Anda bisa langsung memeriksakan kepada dokter terdekat supaya mendapat resep obat hingga cara mengatasinya dengan baik dan benar salah satunya dengan obat asam urat mosehat yang sudah terbukti ampuh mengatasi asam urat.

Tinggalkan komentar