Sweeping Warnet di Malang

Kabar mengenai Sweeping Warnet di kota Malang adalah benar. Saya dihubungi oleh Pudjo, Korwil Awari Malang pada siang hari 22 Mei 2007 untuk mengabari hal tersebut. Saya sempat menanyakan apakah yang di tangkap memang terbukti melanggar hukum dan apakah masih ada warnet yang beroperasi.

Jawaban Pudjo adalah sbb: Warnet yang tertangkap terindikasi melanggar HAKI dan Polisi dalam bertindak berdasarkan penyelidikan yang dilakukan sebelumnya terhadap warnet tersebut, dalam hal ini melakukannya beberapa hari sebelum operasi sweeping. Adapun warnet-warnet tidak semuanya tutup, karena beberapa warnet yang memang merasa tidak melanggar aturan apapun dan tetap beroperasi seperti biasa.

Saya segera memberikan instruksi kepada Pudjo untuk segera memberikan himbauan kepada para Pengusaha Warnet agar berhenti menggunakan Perangkat Lunak Bajakan, adapun Pudjo juga memberikan usulan agar pengguna warnet pun diberi himbauan agar tidak meminta Perangkat Lunak yang warnet tidak mampu memberikan, sebab sebenarnya warnet tidak akan menggunakan Perangkat Lunak tersebut tanpa adanya permintaan dari pengguna. Setuju sekali dengan usulan ini.

Agar diketahui, bahwa sebagian warnet yang terkena sweeping bukan karena membajak Operating System, tapi karena membajak Aplikasi baik itu Photoshop, Corel Draw, Anti Virus, maupun MS-Office. Sebagian, entah karena tidak tahu ataupun karena tidak peduli, merasa setelah menggunakan Operating System yang orisinal/bukan bajakan, boleh memasang Aplikasi apa saja ke komputer mereka. Menyedihkan, tapi itulah kenyataan yang ada di Lapangan. Kesimpulannya jika penetapan aturannya tidak merata maka ke tidak taatan terhadap hukum akan tetap berlangsung dan kedepan kita akan melihat terus kejadian seperti di Malang terjadi.