Taman Burung TMII

Memanfaatkan libur setelah Idul Fitri, saya bersama keluarga menyempatkan diri mengunjungi Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Walau keberadaannya sudah cukup lama, (berdiri sejak tahun 1975) namun baru kali ini saya berkesempatan berkunjung ke Taman Burung. TMII sendiri memiliki kesan yang mendalam karena dulu sekali waktu masih SD, tiap kali ke Jakarta pasti diajak jalan jalan ke TMII.

Taman Burung TMII dibangun dalam areal sebesar 6 ha dengan beberapa sangkar raksasa berbentuk Kubah. Sebagian burung burung koleksi taman berada dalam kubah tersebut sebagian lagi berada di luar kubah. Koleksi burung di dalam kubah ada yang bebas berkeliaran di dalam kubah adapula yang berada didalam sangkar tersendiri. Anda tentu akan berpikir dua kali untuk memasuki kubah tersebut jika disambut Elang Bondol yang terbang bebas.

Menurut situs TMII, ada kurang lebih 100 jenis burung yang dibagi dalam dua sebaran wilayah yaitu barat dan timur Indonesia, pembatasannya merujuk pada garis Wallace yang membagi fauna di Indonesia dengan sebuah garis imajiner. Karena waktu yang terbatas, saya jadinya tidak sempat mengabadikan semua jenis burung. Namun secara keseluruhan saya merasa puas setelah berkunjung ke Taman Burung TMII apalagi mengingat biaya yang terhitung murah (Harga tiket Rp 13.000 / orang).