Tanya Veronika Asisten Virtual, Layanan Favorit Pengguna Telkomsel

tanya veronika asisten virtual

Irwinday.web.id – Perkembangan dunia teknologi saat ini sudah mencapai puncak dari pengembangan yang begitu baik. Adanya berbagai bentuk kecanggihan teknologi yang kini tersedia tentu memberikan kemudahan bagi setiap orang, salah satunya adalah pada adanya kecanggihan teknologi digital yang kini sudah tersedia.

Setiap orang bisa mendapatkan kemudahan dengan adanya layanan yang hadir dalam kecanggihan teknologi digital. Termasuk juga pada layanan jaringan yang saat ini terus memberikan kepuasan bagi setiap penggunanya.

Salah satu operator yang jaringannya sudah mencapai seluruh pelosok negeri ini adalah telkomsel, sejak dulu hingga saat ini telkomsel sendiri sudah mengalami perkembangan yang begitu luar biasa dalam pengembangan jaringannya. Setiap orang bisa mengakses jaringan dimanapun dan kapanpun mereka inginkan karena jangkauannya yang sudah luas, Telkomsel tentu selalu memperhatikan kepuasan dari para pelanggan termasuk dengan adanya pengembangan terbaru yang diluncurkan yaitu Veronika.

Veronika adalah layanan digital berbasis chatbot yang memudahkan pelanggan Telkomsel untuk mengecek sisa kuota internet, membeli paket data, menukar poin Telkomsel, menemukan GraPARI terdekat dan informasi lainnya.

Mengenal Veronika Asisten Virtual Telkomsel

layanan veronika

Ditengah kecanggihan teknologi seperti saat ini, Telkomsel sebagai salah satu operator jaringan yang berkualitas terus melakukan inovasi. Banyak layanan yang terus di kembangkan oleh Telkomsel ini, salah satunya adalah Veronika.

Veronika adalah sebuah layanan virtual dari telkomsel yang dirilis tahun 2017 yang dapat diakses dengan mudah. Anda bisa mengakses veronika melalui Facebook, WhatsApp, LINE, Telegram, Situs Web Telkomsel, dan Aplikasi MyTelkomsel.

Asisten virtual satu ini tentunya menjadi sebuah pengembangan yang dilakukan oleh telkomsel untuk dapat memberikan opsi tambahan. Sehingga pelanggan nantinya dapat mengakses layanan telkomsel jauh lebih mudah dan cepat.

Layanan Veronika bertujuan agar pelanggan Telkomsel mendapatkan pelayanan yang lebih cepat dan efektif, sehingga dengan adanya layanan ini masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam mengakses layanan yang disediakan oleh telkomsel.

Layanan Veronika Menggunakan Teknologi Chatbot

veronika menggunakan chatbot

Layanan Veronika menggunakan teknologi chatbot untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan, jadi jawaban yang berberikan layanan ini bersifat otomatis sehingga lebih efektif untuk digunakan.

Perlu dipahami bahwa pada dasarnya chatbot merupakan sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence) yang dirancang agar dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia.

Chatbot sudah dikembangkan sejak 1960-an, pada masa itu chatbot digunakan untuk memperdaya pelanggan yang melakukan chatting seolah-olah dengan manusia padahal mesin yang bekerja. Namun seiring perkembangan teknologi dan dengan hadirnya Artificial Intelligent, fungsi chatbot pun mengalami perkembangan. Chatbot saat ini digunakan untuk percakapan yang lebih natural oleh setiap pelanggannya baik dalam bentuk audio maupun Text.

Cara kerja layanan Veronika sendiri adalah dengan menggunakan keyword yang sudah ada pada sistem, setiap kali pelanggan menanyakan satu kata kunci pada chat maka bot akan otomatis menjawab pertanyaan yang diajukan.

11 Fitur Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

fitur veronika

Veronika memiliki kemampuan untuk menjawab semua pertanyaan dari pelanggan. Anda dapat menanyakan banyak topik, mulai dari kuliner, hiburan bahkan travelling.

Layanan Veronika memang berguna untuk memudahkan pelanggan ketika mereka sedang kesulitan saat mengakses Telkomsel. Lantas apa saja fitur yang dimiliki oleh Veronika? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Cek Saldo Pulsa dan Masa Aktif

cek saldo pulsa telkomsel

Mengecek sisa kuota dan masa aktif dapat dilakukan melalui layanan panggilan *888#, namun prosesnya akan lebih panjang dan memakan waktu cukup lama. Belum lagi kalau jaringannya kurang bagus, proses ini akan terhambat dan pelanggan pun harus mengulang dari awal, hal ini menyebabkan pelanggan malas dan mengurungkan niatnya.

Akibatnya nomor akan hangus karena masa aktifnya sudah terlewat. Dengan adanya Veronika, Anda bisa mengecek pulsa, sisa kuota hingga masa aktif hanya dengan mengatakan Halo atau Hai. Nantinya Veronika akan langsung menjawab dan memberikan informasi terkait apa yang diminta.

Catatan: Sebelum menggunakan Veronika, pastikan nomor Anda sudah terverifikasi.

2. Beli Pulsa dan Paket Internet

beli pulsa dan paket internet telkomsel

Selain dapat digunakan untuk mengecek kuota, ternyata Veronika juga dapat digunakan untuk membeli pulsa dan paket internet.

Menariknya, ketika membeli paket internet melalui Veronika dengan minimal pembelian Rp 49.000, Anda akan mendapat cashback dari linkAja sebesar 20% + 21% (batas waktu hingga 10 Februari).

3. Tukar Poin Telkomsel

tukar poin telkomsel

Banyak pelanggan Telkomsel yang tidak menukarkan poinnya, padahal jika poin tersebut berhasil ditukarkan nilainya lumayan. Anda bisa menukarnya dengan reward menarik seperti mainan, belanja, film atau bahkan donasi.

Lagi-lagi, alasan pelanggan tidak menukar poin ini dikarenakan prosesnya yang cukup rumit dan akhirnya poinnya hangus.

Kini, Anda tidak perlu khawatir jika kejadian tersebut terulang lagi. Pelanggan Telkomsel sudah bisa menukarnya melalui fitur dari Veronika. Jadi poin Anda dapat ditukar hanya dengan menggunakan menu “tanya Veronika”.

Hal ini dirasa lebih efektif dan efisien, sehingga poin tidak sia-sia dan dapat ditukarkan dengan reward sesuai total poin yang dikumpulkam.

4. Bayar Tagihan Pascabayar

bayar tagihan pascabayar

Fitur ini khusus pelanggan kartu Halo, jadi pelanggan dapat membeli pulsa secara pascabayar melalui Veronika.

Catatan: Hanya pelanggan kartu Halo yang dapat menggunakan fitur ini.

5. Informasi GraPARI Terdekat

mengetahui grapari terdekat

Veronika tidak hanya memberikan informasi GraPARI terdekat saja, namun Veronika juga memberikan informasi mengenai jam operasional dan bahkan Anda juga dapat melakukan reservasi antrian.

Jadi dengan Veronika, Anda tidak perlu buru-buru ke GraPari hanya untuk mendapatkan antrian awal karena Anda dapat melakukan reservasi dari rumah.

6. Ganti Kartu Telkomsel

ganti kartu telkomsel

Bisa dikatakan jika Veronika ini diibaratkan sebagai GraPARI virtual sehingga Anda bisa mengaksesnya setiap saat. Termasuk jika ingin mengganti kartu, dengan Veronika Anda dapat ganti kartu dari rumah.

Veronika Telkomsel dapat melayani proses ganti kartu asalkan nomor kartu tersebut tidak terhubung dengan layanan perbankan dan lokasi Anda dapat dijangkau oleh Grab atau Gojek.

Cara gantinya pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengirimkan email ke cs@telkomsel.co.id menggunakan subjek: Ganti Kartu 0821xxxxxxxxx [nomor ganti kartu]. serta lampirkan foto diri dengan memegang e-KTP/ foto copy e-KTP atau Kartu Keluarga.

Nantinya nomor tersebut akan dikirim melalui Grab atau Gojek dengan biaya dibebankan kepada pelanggan. jadi karena itulah untuk menggunakan fitur ini, lokasi Anda harus dapat terjangkau Grab atau Gojek.

7. Upgrade Jaringan Kartu 4G

upgrade jaringan kartu 4G

Saat ini jaringan 4G sudah banyak digunakan, namun masih ada beberapa pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan jaringan 3G lantaran belum melakukan upgrade.

Bagi Anda yang mengalaminya, kendala ini dapat ditangani dengan mudah oleh Veronika. Sayangnya fitur ini hanya ditujukan bagi kartu yang belum terhubung layanan perbankan dan jika pelanggan sudah menghubungkannya, maka Anda harus datang ke GraPARI.

8. Promo Menarik dari Telkomsel

promo dari telkomsel

Banyak promo menarik yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan layanan Veronika, bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan promo menariknya, jangan lupa untuk melakukan setting pengingat dari Veronika.

Caranya hanya mengatakan Halo dan tunggu sampai Veronika memberikan informasi promo berdasarkan tanggal berlangsungnya.

9. Beli Voucher Game, Musik dan Video

beli voucher game, musik dan video

Bagi Anda yang gemar menonton drakor atau bermain game, pasti sering merasa jika kuota sangat cepat habis. Kini Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat fitur menarik dari Veronika untuk membeli voucher melalui pembayaran linkAja.

10. Layanan Small Talk

layanan small talk

Jika Anda yang merasa kesepian, coba saja untuk menggunakan layanan mengobrol bersama Veronika. Veronika tidak hanya memudahkan pelanggan dalam menggunakan layanan Telkomsel, namun juga dapat dijadikan teman ngobrol.

Melalui fitur ini, Veronika akan memberikan sebuah permainan ringan seperti tebak-tebakan. Menu ini dapat Anda manfaatkan untuk menghabiskan waktu luang sehingga tidak bosan.

11. Berkomunikasi dengan Customer Service

berkomunikasi dengan cs

Veronika memang mampu menjawab semua pertanyaan yang Anda berikan, namun veronika tidak dapat menangani berbagai hal. Oleh karena itu pelanggan dapat bertanya dengan Customer Service melalui Veronika.

Anda hanya perlu memilih menu Bicara dengan CS, tunggu sampai Veronika menghubungkannya ke CS Telkomsel selama beberapa waktu. Pelanggan bisa bertanya apapun terkait layanan dari Telkomsel.

Cara Mengakses Veronika, Layanan Asisten Virtual Telkomsel

cara mengakses veronika

Anda dapat menggunakan Veronika melaui smartphone masing-masing, salah satu keunggulan Veronika adalah pelanggan dapat mengaksesnya lewat beberapa platform seperti Facebook, Line, Telegram, WhatsApp, MyTelkomsel ataupun website resminya.

Nah, Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengakses Veronika dari berbagai platform:

1. Facebook Messenger

cara akses veronika dari facebook

Untuk mengakses Veronika melalui Facebook, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Facebook
  • Carilah laman Telkomsel melalui kolom pencarian
  • Klik tombol Suka terlebih dahulu
  • Klik menu Kirim Pesan untuk memulai mengirim pesan lewat Messenger
  • Memulai percakapan dengan “Halo” atau “Hai”
  • Nanti akan ada balasan otomatis “Untuk pelayanan maksimal, tolong tulis nomor Telkomsel Anda ya (Contoh: 0811000000)”
  • Isikan nomor telepon Anda
  • Klik link yang dikirimkan oleh Veronika
  • Setelah itu, Anda bisa bertanya apapun ke Veronika

2. WhatsApp

cara akses veronika lewat whatsapp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang dipakai oleh banyak orang. Nah, sekarang Anda juga dapat mengakses Veronika melalui WhatsApp, berikut caranya:

  • Simpan nomor WhatsApp Veronika terlebih dahulu (0811-111-1111)
  • Tunggu sampai WhatsApp berhasil menjangkau nomor baru tersebut
  • Bukalah percakapan baru dengan kontak Veronika
  • Mulai percakapan dengan mengirim “Halo” atau “Hai” (jangan mengirim P untuk memulainya)
  • Kirim pertanyaan yang ingin Anda tanyakan
  • Kemudian, tunggu Veronika menjawab pertanyaan Anda

3. LINE

cara akses veronika dari line

Tidak hanya WhatsApp, aplikasi chatting Line juga bisa Anda manfaatkan untuk menghubungkan dengan Veronika. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Line
  • Cari akun line resmi dari Telkomsel dengan @Telkomsel
  • Mulai percakapan dengan mengirim “Halo” atau “Hai”
  • Silahkan bertanya apa yang ingin Anda tanyakan
  • Tunggu hingga Veronika menjawabnya

4. Telegram

cara akses veronika dari telegram

Telegram juga hadir sebagai sarana untuk menghubungkan pelanggan Telkomsel dengan asisten virtual mereka, yakni Veronika. Berikut cara mengakses Veronika melalui Telegram:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Klik pada kolom pencarian
  • Ketikkan @Telkomsel_official_bot lalu tunggu sampai pencarian berhasil
  • Klik pada akun yang dituju
  • Klik start
  • Isikan nomor telepon Telkomsel Anda (Veronika akan mengirimkan kode rahasia ke nomor telepon yang Anda masukkan)
  • Masukkan kode rahasia tersebut
  • Mulailah bertanya apapun yang ingin Anda tanyakan
  • Tunggu sampai Veronika menjawab pertanyaan Anda

5. Situs Web Telkomsel

cara akses veronika dari website

Bagi Anda yang tidak bisa terhubung dengan Veronika melalui aplikasi di smartphone, maka Anda bisa menggunakan cara di bawah ini:

  • Buka browser Anda
  • Kunjungi situs web resmi Telkomsel -> telkomsel.com
  • Klik ikon avatar Veronika bergambar perempuan berbaju merah di sudut kanan bawah
  • Mulai percakapan dengan mengirim “Halo” atau “Hai”
  • Isikan nomor telepon Telkomsel Anda (Veronika akan mengirimkan kode rahasia ke nomor telepon yang Anda masukkan)
  • Masukkan kode rahasia tersebut
  • Mulailah bertanya apapun yang ingin Anda tanyakan
  • Tunggu sampai Veronika menjawab pertanyaan Anda

6. Aplikasi MyTelkomsel

cara akses veronika lewat mytelkomsel

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan ke Veronika adalah melalui aplikasi My Telkomsel. Untuk mengakses Veronika melalui My Tekomsel, Anda harus install aplikasinya lebih dahulu di smartphone Anda. Nah, berikut ini adalah cara untuk mengakses Veronika di My Telkomsel:

  • Bukalah aplikasi My Telkomsel
  • Cari dan klik menu “Ask Veronika” di area Customer Service
  • Mulai percakapan dengan “Halo” atau “Hai”
  • Mulailah bertanya apapun yang ingin Anda tanyakan
  • Tunggu sampai Veronika menjawab pertanyaan Anda

Syarat dan Ketentuan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

ketentuan chat dengan veronika

Layanan Veronika memang disediakan dalam bentuk chatbot, namun bukan berarti Anda bisa seenaknya menggunakannnya. Pihak Telkomsel secara khusus sudah mengeluarkan beberapa aturan bagi pelanggan, berikut diantaranya:

  • Tidak boleh menggunakan kata-kata kasar, berbau vulgar, pornografi dan tidak etis saat bertanya
  • Tidak boleh merusak nama baik, menghina, mengancam atau melecehkan pihak lain
  • Tidak boleh melakukan spamming yang mengganggu
  • Tidak boleh mengeluarkan pernyataan yang dirasa memicu konflik SARA
  • Tidak boleh melakukan pelanggaran keamanan dari Layanan Virtual Asisten Telkomsel
  • Tidak boleh mengirimkan gambar, video, link tautan, audio atau dokumen tanpa seizin dari pemilik hak kekayaan intelektual yang berkaitan
  • Tidak boleh mengirimkan gambar, video, link tautan, audio atau dokumen berbau pornofgrafi
  • Tidak boleh mengirimkan informasi palsu atau HOAX yang berakibat pada kerugian pihak lain
  • Tidak boleh melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai dan hukum di Indonesia

Keunggulan dan Kemudahan Selama Mengakses Layanan Veronika

keunggulan veronika

Adanya layanan asisten virtual Telkomsel ini tentu akan memudahkan para pelanggan Telkomsel. Lantas apa saja keunggulan dan kemudahan yang diberikan Veronika? Berikut diantaranya:

1. Easy Access

Veronika mampu memberikan pengalaman berbeda, setiap pesan balasan Veronika dirancang untuk tetap ramah dan nyaman dibaca. Oleh sebab itu, Anda bisa saja mendapatkan balasan berupa pantun dengan isi yang sangat menarik, beberapa balasan juga diselipkan emoticon supaya Anda merasa seperti chatting dengan manusia.

Selain itu, Veronika sangat mudah untuk digunakan karena Anda dapat menggunakan Veronika dari 6 platform yaitu Facebook, WhatsApp, LINE, Telegram, Situs Web Telkomsel, dan Aplikasi MyTelkomsel.

2. Layanan 24 Jam

Banyak orang yang malas untuk ke GraPARI dan GraPARI tidak melayani pelanggan 24 jam. Dengan hadirnya Veronika akan sangat membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya, karena Veronika dapat diakses 24 jam dan dapat diakses dari rumah.

3. Fast Response

Ketika sedang membutuhkan bantuan, kita pasti selalu mengharapkan respon yang cepat. Nah, dengan adanya Veronika pelanggan Telkomsel akan selalu mendapatkan respon yang cepat dan tepat.

Veronika akan menjawab pertanyaan hanya dalam hitungan detik saja. Asisten virtual ini pun langsung memberikan pilihan balasan bersifat call to action dengan opsi 1, 2, 3 dan seterusnya sehingga memudahkan pelanggan ketika ingin menentukan pilihan.

4. Human Friendly

Bagi Anda yang mengetikkan keyword yang tepat, maka Veronika akan dengan cepat menjawabnya. Jika memang kurang dipahami, asisten virtual milik Telkomsel ini akan meminta pelanggan untuk mengulangi pertanyaan sampai dimengerti.

Jika pertanyaan belum dijawab dengan baik maka Veronika akan melemparkan kepada petugas call center, jadi Anda tidak perlu khawatir apabila ada persoalan yang tidak dapat diatasi oleh pihak Telkomsel.

Kemudian bagi Anda yang ingin mengganti topik pembicaraan, maka Anda hanya perlu mengirimkan Cancel atau Batal. Secara otomatis, Veronika akan menawarkan pertanyaan lain.

5. Multi channel

Veronika dapat diakses melalui berbagai platform, jadi hal itu akan memudahkan pelanggan untuk mengakses dan mendapatkan informasi penting mengenai layanan Telkomsel.

Pelanggan hanya perlu menggunakan salah satu platform yang disediakan, misalnya Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

Pertanyaan Seputar Asisten Virtual Veronika

pertanyaan umum seputar layanan veronika

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pertanyaan umum tentang Veronika:

Bagaimana Jika Pelanggan Salah Memasukkan Nomor Ponsel Ketika Berkomunikasi?
Pelanggan yang kedapatan salah memasukkan nomor ponsel sebanyak tiga kali, maka secara otomatis interaksi dengan Veronika akan terputus selama lima menit. Pastikan Anda sudah memastikan jika memasukkan nomor yang benar.

Platform Apa Saja yang dapat Digunakan untuk Mengakses Veronika?
Kini layanan dari Asisten Virtual Veronika dapat Anda akses melalui beberapa platform mulai dari Line, WhatsApp, Telegram, Facebook, My Telkomsel dan situs web resmi milik Telkomsel.

Bagaimana Jika Pelanggan Ingin Mengganti Topik Pembicaraan?

Pelanggan bisa mengganti topik pembicaraan atau mengakhiri chat dengan mengirimkan pesan “Cancel” atau “Batal”.

Bagaimana Cara Menemukan Lokasi GraPARI Terdekat dengan Menggunakannya?
Pelanggan bisa menemukan lokasi GraPARI terdekat dengan mengetikkan “GraPARI terdekat” lalu klik pada opsi Share Location.

Apakah Ada Aturan Mengenai Penggunaan Kode Verifikasi atau OTP?
Ada. Berikut adalah beberapa aturan mengenai pelangganan Kode Verifikasi atau OTP:

  • Apabila pelanggan salah memasukkan kode verifikasi atau OTP sebanyak tiga kali, maka interaksi dengan Veronika akan terputus selama lima menit.
  • Apabila pelanggan meminta kode verifikasi atau OTP sebanyak tiga kali, maka interaksi dengan Veronika akan terputus selama lima menit.
  • Apabila pelanggan salah memasukkan kode verifikasi atau OTP sebanyak sembilan kali, maka interaksi dengan Veronika akan terputus selama 1×24 jam.

Beragam fitur dan layanan menarik yang disediakan oleh veronika asisten virtual sendiri dapat Anda nikmati dengan mudah. Tentu beragam kemudahan akan bisa kamu rasakan dengan maksimal dengan mengakses layanan veronika asisten ini.

Mungkin itu saja pembahasan yang dapat membantu Anda memahami terkait dengan veronika yang merupakan layanan virtual dari telkomsel dan semoga dapat memberikan manfaat.

Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Share :      

Tinggalkan komentar