Tips Aman Pinjam Uang Online di Aplikasi Pinjaman

pinjaman online

Tips Aman Pinjam Uang Online – Dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak pinjaman online yang terus bermunculan, dan semakin berkembang hingga saat ini. Jumlah fintech pinjaman ini juga terus bertambah beberapa kali lipat banyaknya. Bahkan pertumbuhannya yang sangat cepat ini disambut dengan positif oleh beberapa pihak, seperti misalnya pihak regulator, pelaku peminjaman dan masyarakat di Indonesia pada umumnya.

Diperlukan alternatif sumber kredit yang baru, bukan dari perusahaan perbankan atau perusahaan finansial saja. Sehingga perusahaan fintech ini dapat menjadi alternatif sumber pembiayaan yang baru dalam perekonomian masyarakat. Sayangnya, muncul juga keluhan dari para peminjam yang merugikan bagi mereka.

Misalnya jumlah bunga yang tinggi, data pribadi yang disebar secara masif, hingga ketentuan atau aturan yang tidak transparan dan cara menagih yang tak manusiawi. Banyak juga pinjaman online ilegal yang terus bertambah dari hari ke hari. Maka Kamu juga harus berhati-hati dengan platform pinjaman online yang ilegal. Karena hal itu sangat merugikan nasabah atau peminjamnya itu sendiri.

Tips Aman Pinjam Uang secara Online

tips pinjam uang online
Berikut beberapa tips aman mengajukan pinjaman online menurut OJK sebagaimana dimuat di laman mereka yang dilansir, beberapa waktu lalu.

1. Perusahaan Terdaftar OJK

Sebelum memilih pinjaman online yang terdaftar melalui aplikasi, sebaiknya cek dahulu apakah pinjol tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum. Jika belum maka pinjol tersebut bisa dipastikan tidak resmi atau ilegal. Apabila pinjol tersebut sudah terdaftar di OJK maka perusahaan fintech tersebut sesuai dengan aturan dari OJK.

Mulai dari cara menagih cicilan pembayarannya, besar jumlah suku bunga, sampai keamanan data dari nasabah. Bagi fintech pinjaman yang ilegal biasanya lebih berani melanggar aturan OJK.

2. Transparan dan Pastikan Bunga Pinjaman Tidak Terlalu Tinggi

Pada saat Kamu meminjam uang dari pinjol, sebaiknya cek dahulu berapa jumlah bunganya. Jika bunganya sebesar 1% per hari maka jangan meminjam uang dari pinjol tersebut. Aturan bunga dari OJK yaitu tidak lebih dari 0,8% per hari.

3. Pahami Biaya Pinjaman Lain Saat Meminjam

Bukan hanya harus membayar bunga, tetapi peminjam juga harus membayar biaya lainnya. Walaupun kebijakan dari setiap fintech online ini berbeda-beda. Misalnya biaya denda atau keterlambatan saat membayar.

Kamu juga harus tahu berapa jumlah biayanya. Bagi fintech yang aman dan terpercaya biaya lain-lain akan diberitahukan secara transparan.

4. Baca Kebijakan Privasinya

Cobalah untuk lebih teliti dalam dalam membaca dokumen di bagian kebijakan privasinya, ketika Kamu akan mengajukan pinjaman. Pastikan juga data diri Kamu tidak Dijual ke pihak ketiga dengan cara yang ilegal. Supaya risiko penyalahgunaan data bisa lebih diminimalisir.

Baca Juga: Aplikasi Kesehatan

5. Punya Layanan Konsumen

Pastikan juga apakah perusahaan pinjaman online yang akan Kamu pilih memiliki layanan konsumen. Fintech yang aman tentu akan memberi informasi mengenai nomor telepon, alamat kantor, alamat media sosial, dan email sebagai tempat penyampaian pengaduan.

Apabila Kamu tidak tahu nomor telepon atau alamat kantor perusahaan fintech tersebut, Kamu akan kesulitan jika muncul kendala di tengah jalan.

6. Mencatat dan Mengingat Tanggal Jatuh Tempo

Lebih baik Kamu mengingat dan catat kembali berapa tanggal jatuh tempo pembayarannya. Jika Anda membayar cicilan lewat dari tanggal jatuh tempo maka Anda akan rugi. Jumlah hutang juga akan semakin besar karena biaya denda akan terus bertambah.

7. Pahami Resiko Menunggak Pinjaman Online

Perhatikan bagaimana pinjol yang Kamu pilih dalam hal cara penagihannya. Proses penagihan pada fintech yang legal akan sesuai dengan aturan dari OJK.

Pahami juga bagaimana risiko jika Kamu tak mampu melunasi hutang. Biasanya Kamu akan dilaporkan pada Kredit Biro, atau terdeteksi BI Checking yang nantinya menyulitkan Kamu jika meminjam uang ke lembaga lain.

Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya #Tunaiku

tunaiku
Salah satu situs pinjaman online yang terpercaya di Indonesia adalah Tunaiku. Aplikasi pinjaman ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Pinjaman online ini juga merupakan produk dari Bank Amar, yang juga merupakan institusi finansial resmi di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1991. Tunaiku juga berada di bawah bendera perusahaan mutinasional yang bernama Tolaran Grup.

KTA online Tunaiku ini merupakan pinjol yang aman karena berada di bawah naungan Bank yang juga terpercaya. Memberikan layanan kredit tanpa agunan yang mudah, aman dan juga terpercaya adalah visi dari Tunaiku. Khusus untuk masyarakat Indonesia yang ingin/butuh dana tunai tanpa jaminan dan bisa langsung cair.

Dana tersebut bisa digunakan untuk apa saja, misalnya untuk merenovasi rumah, biaya kesehatan yang tidak terduga, biaya pernikahan, modal usaha, atau bahkan biaya pendidikan.

Baca Juga: Kopi Blockchain

Tunaiku Berbeda dengan Fintech dan KTA Konvensional

Salah satu hal yang membedakan Tunaiku dengan fintech dan KTA konvensional adalah tingkat keamanan dan fleksibilitasnya. Tunaiku ada di bawah naungan institusi finansial yang resmi dan terdaftar di OJK, sehingga keamanan data setiap nasabahnya dapat terlindungi dengan baik.

Fasilitas tenor yang dimiliki oleh Tunaiku juga cukup panjang yaitu mencapai 20 bulan dengan jumlah maksimal 20 juta. Berbeda dengan fintech lainnya yang memiliki tenor pendek dengan limit yang kecil.

Syarat dan pengajuan Tunaiku juga mudah, dibandingkan dengan layanan KTA tradisional. Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit secara online tanpa harus memberikan jaminan dan tanpa syarat kartu kredit. Proses pengajuannya juga hanya dengan KTP dan memerlukan waktu 10 menit saja dalam mengisi formulir.

=

Itu dia sejumlah tips yang bisa diikuti kamu yang mau pinjam uang secara online. Memang banyak berita buruk soal layanan pinjaman online di luar sana. Namun itu semua kembali lagi dengan bagaimana kita memilih lembaga pinjaman yang tepercaya, serta bagaimana kita mengelola utang tersebut.

Apabila kamu mengikuti tips-tips di atas, maka dapat dipastikan bahwa dana yang dipinjam justru akan sangat bermanfaat untukmu. Maka dari itu, yuk pinjam dengan bijak!

SHARE
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Tinggalkan komentar