UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Dunia digital kini telah masuk ke segala aspek kehidupan manusia di masa modern. Peran dunia digital sangat membantu manusia dalam bekerja dan beraktivitas. Banyak hal yang sebelumnya tidak dijumpai dalam kehidupan, berkat majunya dunia digital kini hal tersebut telah banyak dikenal masyarakat dan dimanfaatkan dalam kehidupan.

Dunia digital tak bisa lepas dari peran ilmuwan-ilmuwan dan teknisi di bidangnya yang berusaha mengeksplorasi dunia dalam digital. Tentu peran universitas sebagai perguruan tinggi perlu diberi perhatian. Melalui mahasiswa di universitas itulah banyak lahir ilmuwan yang mampu membawa dunia ke zaman digital yang modern.

Sesuai slogan yang dibawanya, UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university bercita-cita membawa dunia perguruan tinggi yang dapat melahirkan program pembelajaran dan penelitian berbasis teknologi. Program tersebut memiliki tujuan agar dapat mendukung sumber daya manusia yang cakap dalam bidang teknologi dan informasi (TIK).

Sekilas Universitas Tanjungpura (UNTAN)

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu universitas terbaik yang terletak di Kalimantan Barat. Sudah berdiri sejak 1959 tepatnya tanggal 20 Mei, Universitas Tanjungpura sudah banyak menorehkan berbagai prestasi. Melalui berbagai prestasi di bidang Tri Darma Perguruan Tinggi, Universitas Tanjungpura dikenal masyarakat sebagai perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik.

UNTAN juga merupakan universitas pertama yang ada di Kalimantan Barat dengan kualitas pendidikan yang tidak perlu diragukan lagi. Teknologi yang digunakan UNTAN merupakan salah satu langkah yang dikembangkan UNTAN untuk menjadi universitas siber yang setara dengan universitas siber terbaik yang ada di segala penjuru dunia.

Visi Misi Universitas Tanjungpura (UNTAN)

UNTAN dengan visi ingin menjadi intstitusi preservasi serta pusat informasi ilmiah di wilayah Kalimantan Barat. Luaran yang dihasilkan diharapkan memiliki moral Pancasila yang dapat berkompetisi di tingkat dunia, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat internasional.

Sedangkan misi yang ingin dicapai UNTAN meliputi:

  1. Dapat melaksanakan penyelenggaraan pendidikan tinggi yang mampu mengeluarkan luaran terbaik dan berkualitas serta memiliki moral Pancasila agar dapat mengikuti, melakukan pengembangan, dan memberikan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi; serta
  2. Menjadi sebuah institusi preservasi dan pusat informasi di Kalimantan Barat dengan cara menyelenggarakan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas di Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Untuk membantu mewujudkan ekosistem digital menuju cyber university, UNTAN memiliki 9 fakultas terbaik yang menjadi tempat mahasiswa untuk bereksplorasi dan berinovasi dengan kreativitas serta kecerdasan. 9 fakultas tersebut antara lain:

1. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dipimpin oleh seorang dekan yakni Dr. Sy. Hasyim Azizurahman, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum beralamat di Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak 78124. Program studi yang ada di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura di tingkat sarjana hanya ada satu, yakni Ilmu Hukum.

Sedangkan di tingkat pascasarjana, terdapat satu program studi yakni Magister Hukum. Menjadi lembaga pusat pembelajaran hukum di Kalimantan Barat di tahun 2020 merupakan visi yang ingin dicapai Fakultas Hukum UNTAN. Melalui visi tersebut diharapkan dapat menghasilkan SDM yang lebih berkualitas untuk bisa bersaing di kancah lokal hingga internasional.

Diharapkan dengan adanya pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan melalui perencanaan dapat menghasilkan lulusan Universitas Tanjungpura yang terbaik dengan standar kompetensi akademik yang tinggi.

2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Didirikan pada tahun 1959, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fakultas tertua di Universitas Tanjungpura, Kalimantan Barat. Saat ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dipimpin oleh Dr. Hj. Jamaliah, SE. MSi sebagai dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis saat ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu Pusat Informasi Ekonomi yang ada di Kalimantan Barat.

Melalui pengembangan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat, diharapkan tercetaknya lulusan-lulusan Universitas Tanjungpura yang kompeten dalam rangka membangun kondisi perekonomian di Indonesia menjadi lebih baik.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura memiliki tiga strata pendidikan yang terbagi ke dalam:

  • Sarjana (S1) dengan 4 program studi yakni Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Islam
  • Magister (S2) dengan 4 program studi yakni Magister (S2), Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, dan Magister Akuntansi.
  • Doktor (S3) dengan 2 program studi yakni Doktor Ilmu Ekonomi dan Doktor Ilmu Manajemen

3. Fakultas Pertanian

Dipimpin oleh seorang dekan bernama Prof. Dr. Ir. Hj. Denah Suswati, M.P, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam bidang pertanian pada tahun 2020. Untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura terus melakukan pengembangan ilmu pertanian baik di daerah lokal maupun tingkat nasional.

Beberapa program studi yang ada di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura antara lain:

  • Tingkat Diploma, dengan program studi Budidaya Tanaman Pertanian
  • Tingkat Sarjana, dengan program studi Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Tanah, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, serta Manajemen Sumber Daya Perairan
  • Tingkat Magister, dengan program studi Magister Agroteknologi dan program studi Magister Agribisnis

4. Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura saat ini dipimpin oleh dekan Dr. rer. nat. Ir. RM. Rustamaji, MT. Fakultas Teknik sebagai salah satu fakultas yang memiliki visi mencetak lulusan yang kompeten di bidangnya untuk kebutuhan lokal maupun regional, mendidik siswa dalam mengembangkan keterampilannya dengan baik.

Selama belajar di Fakultas Teknik, siswa dibimbing agar dapat menguasai teknologi sebagai kontribusi kreativitas untuk kehidupan sosial yang lebih baik. Untuk mendidik siswa menjadi lulusan yang kompeten, Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura memiliki beberapa program studi yang bisa diambil baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana.

Beberapa program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura yakni:

  • Di tingkat Sarjana terdapat 11 program studi yakni Elektro, Informatika, Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Teknik Mesin, Perencanaan Wilayah Kota, dan Teknik Kimia.
  • Di tingkat Pascasarjana terdapat dua program studi yakni Magister Sipil dan Magister Elektro.

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Lulusan yang dihasilkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diharapkan mampu bersaing secara kompeten dalam rangka memenuhi kebutuhan lokal dan nasional. Visi yang ingin dicapai Fakultas ISIP yakni mampu menjadi lembaga politik, sosial, dan budaya di Kalimantan Barat pada tahun 2020.

Untuk mewujudkan visi yang ingin dicapai, FISIP membuka beberapa program studi dari tingkat Diploma hingga tingkat Pascasarjana.

  • Di tingkat Diploma terdapat 3 program studi yakni Administrasi Perkantoran, Kesekretariatan, dan Kearsipan
  • Di tingkat Sarjana terdapat 8 program studi meliputi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Sosiatri, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Antropologi Sosial
  • Di tingkat Pascasarjana terdapat 3 program studi yakni Magister Ilmu Administrasi Negara, Magister Ilmu Sosiologi, dan Magister Ilmu Politik

6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Tenaga pendidik yang berkualitas dan kompeten sangatlah penting dalam mencetak generasi bangsa yang cerdas dan mampu bersaing di lingkungan global. Untuk itu, Universitas Tanjungpura melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diharapkan dapat menjadi lembaga pendidik yang dapat mencetak guru atau pendidik melalui pendidikan dan penelitian secara teladan yang berimbang.

Hal tersebut dilakukan secara efektif, restrukturisasi, serta menggunakan sistem deregulasi melalui beberapa program studi yang ada di FKIP, antara lain:

  1. Tingkat Diploma meliputi program studi Perpustakaan
  2. Tingkat Sarjana meliputi 19 program studi yakni:
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Fisika
  • Pendidikan Kimia
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Bimbingan Konseling
  • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  • Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pendidikan Sosiologi
  • Pendidikan Seni Tari dan Musik
  • Pendidikan Bahasa Mandarin
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Geografi
  • Pendidikan Sejarah
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • Pendidikan IPS
  1. Tingkat Pascasarjana (Magister) meliputi 8 program studi, yakni:
  • Administrasi Pendidikan
  • Teknologi Pembelajaran
  • Pendidikan Sosiologi
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Bahasa Inggris

7. Fakultas Kehutanan

Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura dengan visinya menjadi lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dalam bidang riset serta pengembangan ilmu kehutanan supaya mampu digunakan dalam upaya pertumbuhan serta kesejahteraan masyarakat.

Melalui pendidikan berbasis teknologi yang modern, diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai kebutuhan lokal hingga internasional. Beberapa program studi yang terdapat di Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura yakni Kehutanan (S1), Ilmu Kehutanan (S2), dan Ilmu Lingkungan (S2).

8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Sebagai penghasil ilmuwan terbaik dalam bidang ilmu pengetahuan alam, Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura memiliki sistem pendidikan yang dapat mengarahkan siswa melalui didikan, penelitian, serta pengembangan ilmu pasti di lingkungan.

Arahan yang diberikan sesuai dengan visi yang ingin dicapai FMIPA UNTAN, yakni menjadi lembaga ilmu pengetahuan yang bersifat pasti serta ekstensi untuk menelurkan lulusan dengan karakter yang unggul untuk bisa bersaing baik dalam kancah lokal hingga kancah internasional.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam rangka membangun ekosistem sesuai tujuan memiliki 9 program studi di tingkat Sarjana (S1) dan 1 program studi di tingkat Magister (S2). Program studi tersebut meliputi:

  • Sistem Komputer, Statistik, Geofisika, Sistem Informasi, Ilmu kelautan, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi di tingkat Sarjana (S1)
  • Program studi Kimia di tingkat Magister (S2)

9. Fakultas Kedokteran

Sebagai fakultas yang mengharapkan terciptanya lulusan yang kompeten dalam bidang kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura mendidik siswa dengan memfasilitasi pengetahuan dasar dalam bidang kesehatan. Tak hanya pengetahuan dasar saja yang didapatkan, melainkan siswa juga diharapkan untuk menerapkan pengetahuan yang didapatkan dengan praktik di lapangan.

Untuk meningkatkan kinerja lulusan, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura menyediakan pengetahuan profesional dan keterampilan. Terdapat 5 program studi jenjang Sarjana yang dapat diambil siswa yakni Pendidikan Dokter, Farmasi, Farmasi (Profesi), Keperawatan, dan Keperawatan (Profesi).

Keunggulan Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Beberapa alasan mengapa Universitas Tanjungpura dikatakan sebagai universitas terbaik adalah adanya keunggulan yang dimiliki UNTAN. Keunggulan yang dimiliki UNTAN antara lain:

1. Memiliki Akreditasi yang Baik

Akreditasi merupakan hal yang sangat penting bagi lulusan universitas karena menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan. Untuk itu, Universitas Tanjungpura akan membantu lulusannya terutama karena memiliki akreditasi yang baik. Akreditasi B merupakan akreditasi yang banyak didapatkan oleh hampir sebagian program studi.

Bahkan beberapa program studi telah terakreditasi A. Akreditasi yang didapatkan UNTAN diharapkan dapat meningkat menjadi nilai sempurna ke depannya. Oleh sebab itu, UNTAN tidak perlu diragukan lagi kualitas pendidikan yang dimilikinya.

2. Bertempat di Lokasi yang Strategis

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa lokasi suatu lembaga pendidikan sangatlah diutamakan saat memilihnya. Pandangan orang mengenai Kalimantan Barat mungkin belum begitu benar dipahami. Oleh karena itu, di sini ditekankan bahwa Universitas Tanjungpura terletak di lokasi yang strategis. Sehingga calon mahasiswa tidak perlu khawatir mengenai akses transportasi umum dan sebagainya.

Untuk calon mahasiswa yang belum pernah menginjakkan kaki di Pontianak tak perlu khawatir karena UNTAN berada di jantung kota Pontianak. Lokasinya dekat dengan Mall dan Bandara Internasional Supadio yang bisa ditempuh hanya sekitar dua puluh menit dari lokasi kampus. Selain fasilitas tersebut banyak juga pusat keramaian yang dapat dijadikan sebagai tempat refreshing.

3. Memiliki Lingkungan Kampus yang Asri

Letaknya yang berada di jantung kota tidak menjadikan lingkungan kampus terasa panas dan gersang. Justru lingkungan yang dimiliki UNTAN sangatlah nyaman karena terasa asri dan tertata dengan cukup baik. Unsur keseimbangan yang diperhatikan dengan baik menjadikan lingkungan kampus menjadi lingkungan yang nyaman untuk belajar mahasiswa.

4. Memiliki Fasilitas Olahraga yang Unik

Lapangan futsal dan basket sudah menjadi hal yang wajar jika sebuah kampus memilikinya. Namun bagaimana jika sebuah kampus memiliki arena skateboard dan Sepeda BMX? Tentu sangat unik dan terlihat berbeda dengan yang lainnya. Itulah arena olahraga unik yang dimiliki oleh UNTAN di dalam Taman Digulis.

Selain fasilitas unik tersebut, terdapat fasilitas olahraga lain yang jarang sekali dimiliki sebuah perguruan tinggi. Fasilitas tersebut di antaranya adalah lapangan tenis serta driving range olahraga golf yang terletak di belakang kantin UNTAN. Mahasiswa juga bisa berolahraga kapanpun meski hanya sekedar jogging di jogging track yang tersedia dengan nyaman dan murah.

5. Unsur Budaya yang Sangat Kental

Slogan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university tak menjadikan UNTAN lupa dengan budaya yang dimiliki Indonesia. Hal tersebut tercermin dalam unsur budaya yang sangat kental di lingkungan kampus. UNTAN memang kampus yang modern namun penampakan fisik bangunan, ornamen, serta simbol-simbol yang digunakan sangatlah kental dengan unsur tradisional.

Tak hanya dari segi bangunan dan ornamen saja, UNTAN juga kaya akan keberagaman dalam kehidupan sosialnya. Masyarakat Melayu yang hidup berdampingan secara harmonis dengan Masyarakat Dayak mencerminkan keanekaragaman budaya yang dimiliki lingkungan kampus UNTAN yang terletak di Pontianak, Kalimantan Barat tersebut.

6. Penduduk Sekitar yang Ramah

Konflik antar-etnis yang pernah terjadi di Kalimantan tidak sampai berlarut-larut hingga sekarang. Terbukti dari adanya keramahtamahan yang dimiliki masyarakat di sekitar lingkungan kampus UNTAN yang dapat dirasakan siapapun. Lingkungan kampus yang ramah merupakan lingkungan yang baik untuk kegiatan belajar karena dapat menjamin rasa aman.

Penduduk yang datang dari luar kota akan merasa kehidupannya terlindungi dengan adanya rasa aman yang diciptakan dari lingkungan yang ramah. Untuk itu, UNTAN menjadi kampus terbaik karena lingkungan kampus yang ramah untuk siapapun.

Apa Itu Cyber University?

Sebenarnya istilah Cyber University bukanlah suatu hal yang baru ditemukan, melainkan sudah lama terdengung di masyarakat global. Cyber University sendiri pernah disinggung Menristekdikti Mohamad Nasir pada Rakernas tahun 2018 yang lalu. Namun masih banyak orang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan Cyber University, bahkan mungkin baru mendengar istilah tersebut.

Cyber University atau Cyber Campus merupakan salah satu upaya untuk membangun perguruan tinggi berbasis teknologi informasi. Teknologi diterapkan dalam segala sistem, mulai dari sistem kurikulum, sistem pembelajaran, pelayanan, fasilitas, serta sarana dan prasarana yang dikembangkan dengan dasar teknologi.

Penggunaan teknologi dalam segala lini pembelajaran diharapkan dapat menjadikan minat siswa terhadap belajar semakin naik dan terasa menyenangkan. Namun tentunya menyenangkan bukan berarti hanya bermain-main, melainkan materi yang disampaikan dapat dengan mudah diserap. Beberapa kampus di Indonesia kini sudah mulai bangkit menuju Cyber University.

Beberapa contoh teknologi yang dapat diterapkan dalam universitas baik dari segi pembelajaran maupun yang lainnya adalah sudah adanya fasilitas pengisian IRS (Isian Rencana Studi) yang dapat dilakukan secara online, penggunaan power point untuk pembelajaran, dan masih banyak yang lainnya. Adanya e-learning juga harus dipenuhi dalam mengimplementasikan Cyber University.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Slogan yang diusung yakni UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university bukan tanpa alasan didengungkan. Kesadaran masyarakat mengenai teknologi yang terus meningkat terutama pada generasi muda harus bisa diarahkan dengan benar. Hal ini dapat terlihat di berbagai daerah yang kini sudah banyak perguruan tinggi dengan pelayanan yang didasarkan pada teknologi.

UNTAN yang sudah berdiri jauh sebelum banyak perguruan tinggi berdiri, kini mulai menyesuaikan diri dengan zaman yang terus berkembang melalui kecanggihan dunia digital. Menjadi kampus terluas dan salah satu kampus terbaik tidak serta-merta diperoleh tanpa adanya usaha. Berbagai macam prestasi telah diperoleh UNTAN dalam kurun waktu 6 dekade ini.

Berbicara mengenai ekosistem digital yang diusung UNTAN dalam slogannya, ekosistem digital memiliki pengertian yakni sekelompok sumber daya teknologi informasi dan komunikasi yang masing-masing memiliki keterkaitan dan hubungan sehingga dapat berfungsi sebagai sebuah unit dalam satu kesatuan.

Dalam ekosistem digital terdapat pemasok, penyedia layanan data pihak ketiga, pelanggan, aplikasi, mitra dagang, serta semua teknologi masing-masing. Adanya ekosistem digital memungkinkan kegiatan masyarakat dengan bantuan digital yang sangat dominan. Ekosistem digital juga menuntut masyarakat untuk melek teknologi.

Program UNTAN menuju cyber university dibuat untuk membantu membiasakan lingkungan digital di Indonesia. Dalam praktiknya, pihak UNTAN akan memberikan fasilitas yang berhubungan dengan dunia digital kepada para mahasiswanya. Hal tersebut bukan tanpa tujuan, melainkan agar dapat membiasakan mahasiswa dengan teknologi.

Setelah kebiasaan terbentuk, diharapkan adanya peningkatan skill mahasiswa agar bisa lebih maju serta memiliki sinergi untuk membangun pendidikan dengan basis teknologi. Beberapa usaha yang dapat merealisasikan cyber university yang selama ini didengungkan UNTAN, antara lain:

1. Pengadaan Tenaga Pengajar dengan Basis Digital

Tidak hanya menuntut mahasiswa untuk tanggap terhadap kemajuan teknologi, para pengajar pun dituntut untuk tahu lebih jauh mengenai teknologi digital. Oleh karena itu, UNTAN menyaring tenaga pengajar berdasarkan kemampuan dalam dunia digital. Salah satu kemampuan yang dimaksud adalah pengetahuan mengenai perkembangan teknologi.

Tenaga pengajar yang up to date perlu dilakukan karena pengajar adalah sumber dari pengetahuan siswa yang menjadi tonggak utama. Jangan sampai antara pengajar dan mahasiswa justru lebih up to date mahasiswa mengenai teknologi. Tujuan pembelajaran akan lebih tercapai dengan adanya interaksi antara tenaga pengajar dengan anak didiknya.

2. Fasilitas Pendukung yang Memadai

Tanpa adanya fasilitas yang memadai, tentu mahasiswa tidak dapat belajar dengan baik. Adanya fasilitas pendukung yang memadai dalam kampus yang sedang membangun ekosistem digital akan mendukung proses belajar mahasiswa untuk berpikir lebih jernih dengan banyak sumber yang dapat dilihat melalui teknologi.

3. Kerjasama dengan Pihak yang Berkaitan

Strategi yang dilakukan UNTAN dengan menyediakan fasilitas digital berupa teknologi internet yang memadai memang menjadi hal yang penting dilakukan. Namun tentunya ada banyak kendala yang dihadapi saat akan mewujudkan teknologi yang mumpuni tersebut. Kendala yang utama tentu saja adalah kendaya biaya, karena perlunya penyesuaian dengan anggaran tahunan.

Untuk dapat meringankan biaya, UNTAN mengambil strategi melalui kerja sama dengan pihak yang terkait dengan dunia digital. Produk-produk digital yang disediakan dapat membantu kedua belah pihak dalam memperoleh keuntungan. Hubungan simbiosis mutualisme keduanya akan menciptakan landasan kuat dalam membangun Cyber Campus.

Pembangunan ekosistem digital juga akan disesuaikan dengan jumlah pengguna yang nantinya akan menikmati fasilitas tersebut. Hal tersebut sangat penting dilakukan agar pemanfaatan fasilitas dapat lebih produktif.

4. Membuat Komunitas Digital

Kontribusi alumni juga dapat menjadi suatu kekuatan tersendiri yang mendukung UNTAN dalam mewujudkan Cyber University. Alumni UNTAN melalui koordinasi dari pihak kampus dapat membentuk sebuah komunitas digital dengan pihak lain. Nantinya komunitas tersebut diharapkan dapat mengelola ekosistem digital.

Namun dalam mewujudkan ekosistem digital perlu adanya orang-orang dengan kecakapan mengelola rencana tersebut.

Aktivitas Digital UNTAN

1. PMB Online

Calon mahasiswa Universitas Tanjungpura dapat melakukan serangkaian prosedur pendaftaran dengan cara online. Untuk mengisi serangkaian prosedur tersebut calon mahasiswa tak perlu mendatangi kampus secara langsung. Hal tersebut mempermudah pendaftar yang mendaftar di luar kota dengan jarak yang jauh.

2. Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura (SIAKAD UNTAN)

Kegiatan mengantre untuk mendapat selembar kertas yang berisi daftar mata kuliah tidak akan dilakukan di era digital kali ini. Mahasiswa dapat mengisi KRS secara online di SIAKAD yang dimiliki UNTAN. Adanya SIAKAD juga berfungsi sebagai monitor perkembangan akademik mahasiswa serta dapat menjadi bimbingan bagi setiap dosen.

3. E-learning

Cyber University memungkinkan sebuah kampus untuk menyiapkan pembelajaran dengan menggunakan media digital. Pembelajaran menggunakan media digital ditujukan agar mahasiswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun serta lebih praktis. Penggunaan media digital sebagai sarana pembelajaran sudah diterapkan di UNTAN.

Menurut Rektor Universitas Tanjungpura, ia mengatakan bahwa e-learning sebagai portal pembelajaran secara online yang dapat digunakan civitas akademia Universitas Tanjungpura sebagai komplemen atau pelengkap dari sistem pembelajaran konvensional yang digunakan pada umumnya di kelas-kelas.

E-learning yang UNTAN sudah terapkan menjadikan slogan yang diusung akan segera terwujud di tahun mendatang. Sehingga Indonesia dapat memiliki universitas siber terbaik yang dapat menjadi pelopor bagi universitas negeri maupun universitas swasta untuk mengikuti jejak yang sama membangun Indonesia menjadi lebih baik dalam bergaul di dunia secara global.

4. Sistem Informasi Alumni Universitas Tanjungpura (SIMALUM UNTAN)

Selain mahasiswa yang dapat memperoleh informasi dan juga fasilitas digital dari UNTAN, alumni UNTAN juga mendapatkan fasilitas dari UNTAN meskipun sudah lulus. Alumni UNTAN dapat memperoleh informasi melalui SIMALUM UNTAN yang disediakan pihak kampus. Dari SIMALUM UNTAN pengunjung dapat melihat siapa saja yang akan diwisuda serta data alumni dari berbagai angkatan.

Selain informasi wisuda dan data alumni, di website SIMALUM UNTAN juga dapat dilihat berbagai informasi mengenai beasiswa, prestasi, reuni, serta informasi lainnya yang memiliki hubungan dengan urusan kemahasiswaan serta alumni UNTAN.

4. Evaluasi Dosen Universitas Tanjungpura (EDOM UNTAN)

Selain mahasiswa dan alumni yang mendapat digitalisasi fasilitas, untuk menilai kinerja dosen dalam proses mengajar juga dievaluasi dengan menggunakan teknologi di setiap akhir semester. Penilaian dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk partisipasi untuk membantu universitas dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

EDOM UNTAN dapat dijadikan patokan bagi dosen untuk memperbaiki kualitas pengajaran yang ia terapkan saat mengajar. Evaluasi bagi diri sendiri dengan melihat EDOM UNTAN juga dapat dijadikan untuk pengembangan potensi diri dosen. Pengisian evaluasi kinerja dosen wajib dilakukan mahasiswa UNTAN.

Memajukan Indonesia melalui pendidikan dengan sistem digital bukan tidak mungkin untuk dapat terwujud. Sebagai bentuk partisipasi warga negara, kita dapat mendukung segala upaya yang dilakukan untuk memajukan bangsa, salah satunya menjadikan kampus Indonesia sebagai Cyber University.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar

Tinggalkan komentar