Urutan Pangkat TNI AD, AL, dan AU dari Terkecil Sampai Terbesar !

Urutan Pangkat TNI Terbaik dan Terbaru 2020 – TNI atau Tentara Nasional Indonesia merupakan angkatan militer dari Indonesia. TNI terdiri dari tiga angkatan bersenjata yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU). Terdapat struktur tingkatan pangkat TNI dari yang tertinggi yakni perwira hingga yang terendah yakni tamtama.

Jenjang kepangkatan TNI dimulai saat masih bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Dari awal dibentuk, terdapat beberapa perubahan nama pangkat TNI dan jenjangnya. Terakhir perubahan dilakukan pada tahun 1997 dan bertahan sampai sekarang. Periode ini mulai berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 1997.

Bagi yang ini masuk dan mendaftar militer, tentu minimal harus mengetahui susunan dan lambang pangkat TNI dari yang terendah sampai tertinggi. Jenjang pangkat TNI Indonesia terdiri dari jajaran pangkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara dan tamtama.

Lantas apa sajakah nama-nama pangkat TNI selengkapnya? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai urutan pangkat TNI beserta lambang dan tanda pangkat TNI dari yang tertinggi sampai yang terendah.

Pangkat TNI

URUTAN PANGKAT TNI ANGKATAN LAUT (AL)

TNI Angkatan Lat (AL) dipimpin oleh seorang Kepala Staf Angkatan Laut atau disingkat KASAL. Armada Angkatan Laut yaitu sebagai kekuatan utama pasukan laut Indonesia yang memiliki dua armada secara terpisah. Armada pertama yaitu Armada Barat yang berada di Tanjung Prok Jakarta. Sedangkan Aramada kedua terletak di Tanjung Perak Surabaya, yaitu Armada Timur.

Ada pula Korps Marinir yang profesiaonal dan bertugas mengamankan wilayah laut Republik Indonesia. Angkatan Laut berada dalam satu komando lintas militer atau kolilalnmil. Tanda Kepangkatan TNI AL yang tercantum adalah yang digunakan pada saat di berlakuannya pemerintah terbaru pada tahun 1997.

PERWIRA TINGGI ANGKATAN LAUT

Perwira tinggi angkatan laut merupakan periode darma bhakti yang dittitik beratkan dari peralihan pengembangan ke pemanfaatan yang lebih maksimal. Darma bhaktinya di raih dengan dedikasi, prestasi dan juga kerja keras.

Pangkat Perwira Tinggi merupakan merupakan pangkat penghargaan dari potensi terbaik seorang perwira dan diberikan sebagai bentuk tanggunag jawab dan amanah dari sebuah jabatan strategis yang memiliki nilai poitis.
Tetapi seorang Perwira Tinggi memiliki nilai jual serta “Bargaining Power” terhadap sebuah kebijakan- kebijakan pertahanan Negara, baik dengan pemerintah sendiri maupun dengan Negara lain.

Urutan pangkat pewira tinggi TNI Angkatan Laut dari tingkatan yang paling rendah ke tinggi:

• LAKSAMANA PERTAMA JENDRAL

Laksaman Pertama Jendral TNI AL merupakan pangkat terendah dari semua jajaran pangkat Perwira Tinggi. Untuk lambang dalam pangkat di TNI Laksamana Pertama adalah satu bintang.

• LAKSAMANA MUDA JENDRAL

Laksamana Muda TNI AL merupakan pangkat di atas Laksamana Pertama Jendral dan dibawah Laksamana Madya. Lambang untuk pangkat di TNI ini adalah dua bintang.

• LETNAN JENDRAL

Laksamana Madya TNI AL merupakan pangkat di atas Laksamana Muda dan dibawah Jendral. Tanda pangkat untuk untuk TNI ini dilambangkan dengan tiga bintang.

• LAKSAMANA

Laksamana merupakan sebuah pangkat tertinggi di TNI Angkatan Laut. untuk lambing di TNI dilambangkan dengan gambar empat bintang.

PERWIRA MENENGAH TNI ANGKATAN LAUT

Pada jenjang TNI Angkatan Laut terbagi menjadi tiga pangkat dalam tingkatan pangkat Perwira Menengah. Urutan pangkat Perwira Menengah TNI Angkatan Laut dari terendah – tertinggi:

• MAYOR

Mayor TNI AL merupakan pangkat terendah pada jajaran pangkat Perwiran Menengah TNI Angkatan Laut. Lambang pangkat untuk TNI ini adalah satu bunga melati emas.

• LETNAN KOLONEL

Letnan Kolonel TNI Angkatan Laut merupakan pangkat di atas satu tingkat pangkat Mayor dan dibawah pangkat Kolonel. Lambang untuk pangkat ini adalah dua bunga melati emas.

• KOLONEL

Kolonel TNI AL merupakan sebuah pangkat tertinggi di TNI Angkatan Laut di tingkat Perwira Menengah. Lambang untuk pangkat ini adalah satu bunga melati emas.

PERWIRA PERTAMA TNI ANGKATAN LAUT

Dalam jenjang kepangkatan di tingkat Perwira Pertama TNI Angkatan Laut terdiri dari tiga tingkatan. Berikut ini urutan pangkat TNI Angkatan Laut mulai dari pangkat terendah sampai pangkat tertinggi.

• LETNAN DUA

Letnan Dua TNI AL atau disingkat Leda merupakan pangkat terendah dalam jajaran pada tingkatan di Perwira Pertama. Lambang untuk pangkat Letnan Dua adalah satu balok emas.

• LETNAN SATU

Letnan Satu TNI AL atau disingkat Lettu merupakan pangkat di atas satu tingkat dari pangkat Letnan Dua dan dibawah satu tingkat pangkat kapten. Lambang untuk pangkat ini adalah dua balok emas.

• KAPTEN

Kapten TNI AL merupakan pangkat tertinggi pada tingkatan Perwira Pertama TNI AL. Lambang untuk Kapten NI AL adalah tiga balok emas.

BINTARA TINGGI TNI ANGKATAN LAUT

Pada jenjang kepangkatan TNI Angkatan Laut terdiri dari dua pangkat di tingkatan pangkat Bintara Tinggi TNI Angkatan Laut. Berikut ini pangkat tingkatan Bintara Tinggi TNI AL dari pangkat terendah sampai pangkat tertinggi.

• PEMBANTU LETNAN DUA

Letnan Dua TNI Angkatan Laut merupakan pangkat terendah dalam jajaran tingkat Bintara Tinggi Angkatan Laut. Lambang untuk pangkat ini adalah satu balok emas bergelombang.

• PEMBANTU LETNAN SATU

Pembantu Letnan Satu Angkatan Laut merupakan pangkat tertinggi pada jajaran tingkat Bintara Tinggi Angkatan Laut. Lambang untuk pangkat ini adalah dua balok emas bergelombang.

BINTARA TNI ANGKATAN LAUT

• SERSAN DUA

Sersan Dua TNI AL atau disingkat Serda merupakan pangkat terendah dalam jajaran tingkat Bintara TNI AL. Lambang pangkat untuk Sersan Dua adalah satu balok kuning menyerupai huruf v.

• SERSAN SATU

Sersan Satu TNI AL atau disingkat Sertu merupakan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Serda dalam tingkat Bintar. Lambang untuk Sersan Dua adalah dua balok kuning menyerupai huruf v.

• SERSAN KEPALA

Sersan Kepala TNI AL atau disingkat Serka merupakan pangkat di atas Sersan Dua dan di bawah Sersan mayor. Lmabang untuk Sersan Kepala adalah tiga balok kuning menyerupai huruf v.

• SERSAN MAYOR

Sersan Mayor TNI AL merupakan pangkat tertinggi dari semua pangkat di tingkat Bintara. Lambang untuk Sersan Mayor TNI AL. Lambang untuk pangkat Sersan Mayor adalah empat balok berwarna kuning menyerupai huruf v.

TAMTAMA KEPALA TNI ANGKATAN LAUT

Dalam jenjang kepangkatan Tamtama TNI Angkatan Laut terdiri dari tiga pangkat yang termasuk dalam tingkatan Tamtama. Berikut ini urutan pangkat Tamtama Kepala TNI dari tingkat urutan yang paling rendah:

• KOPRAL DUA

Koplar Dua atau disingkat Kopda merupakan pangkat terendah dalam tingkatan Tamtama Kepala TNI AL. Lambang untuk pangkat Kopda adalah satu balok merah menyerupai huruf v.

• KOPRAL SATU

Kopral Satu TNI AL merupakan pangkat di atas Kopral Dua dan dibawah Kopral Kepala. Lambang untuk pangkat Kopral satu adalah dua balok merah menyerupai huruf v.

• KOPRAL KEPALA

Kopral Kepala Merupakan pangkat tertinggi di tingkatan Tamtama Kepala TNI AL.Lambang yang diberikan untuk pangkat Kopral Kepala adalah tiga balok merah menyerupai huruf v.

TAMTAMA TNI ANGKATAN LAUT

Dalam jenjang kepangkatan TNI Angkatan Laut terdiri dari tiga tingkatan. Berikut ini pangkat Tamtama mulai dari tingkatan yang paling rendah.

• PRAJURUT DUA

Prajurit Dua TNI AL atau disingkat Prada merupakan pangkat paling rendah di tingkatan Tamtama. Lambang untuk pangkat Prada adalah satu balok merah lurus.

• PRAJURIT SATU

Prajurit Satu TNI AL atau disingkat Pratu merupakan pangkat diatas Prada dan dibawah Prajurit Kepala. Lambang untuk pangkat Pratu adalah dua balok merah lurus.

• PRAJURIT KEPALA

Prajurit Kepala merupakan merupakan pangkat tertinggi ditingkat tamtama. Lmbang untuk pangkat Prajurit Kepala adala tiga balok merah lurus.

URUTAN PANGKAT TNI AD (ANGKATAN DARAT)

TNI Angkatan Darat atau disingkat TNI-AD merupakan salah satu cabang angkatan perang yang merupakan salah satu bagian dari Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab pada operasi pertahanan di bagian darat dan dibentuk pada tanggal 15 Oktober 1945.

PANGKAT KEHORMATAN

Pangkat Kehormatan TNI Angkatan Darat yaitu Pangkat Jendral Besar dan dilambankan dengan bintang lima. Sepanjang sejarah, hanya ada tiga orang yang pernah mendapat pangkat Jendral Besar yaitu Soeharto, Soedirman dan Abdul Haris Nasution.

PERWIRA TINGGI (PATI)

Dalam jenjang kepangkatan Perwira Tinggi Angkatan Darat terdiri dari empat kepangkatan. Pangkat yang tertinggi adalah Jendral atau disingkat Jend dan di lambangkan dengan empat bintang. Setelahnya ada pangkat Letnan Jendral atau disingkat Letjen dan dilambangkan dengan tiga bintang.
Kemudian pangkat dibawahnya adalah Mayor Jendral atau disingkat Mayjen dan di beri lambang 2 bintang. Kemudian yang terakhir adalah Brigadir Jendral atau disingkat Brigjen dan dilambangkan dengan satu bintang.

PERWIRA MENENGAH (PAMEN)

Terdapat tiga pangkatan dalam tingkat Perwira Menengah TNI AD. Pangkat yang tertinggi di tingkatan Perwira Menengah adalah Kolonel atau disingkat Kol dengan tanda tiga bunga. Pangkat yang ke dua adalah Letnan Kolonel atau disingkat Letkol dengan tanda dua bunga dan yang terakhir adalah Mayor atau disingkat May dengan tanda satu Bintang.

PERWIRA PERTAMA (PAMA)

Ada tiga kepangkatan TNI AD ditingkat Perwira Pertama (Pama) meliputi Kapten atau disingkat kapt dengan tanda dua garis. Kemudian pangkat Letnan Satu atau disingkat Lettu dengan tanda dua garis. Yang terakhir adalah Letnan dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis.

BINTARA TINGGI

Terdapat dua pangkat di tingkatan Bintara Tinggi TNI AD meliputi Pembantu Letnan Satu atau disingkat Peltu dengan tanda dua garis bergelombang. Kemudian yang kedua adalah Pembantu Letnan Dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis bergelombang.

BINTARA

Bintara terdiri dari empat pangkat di tingkatan. Bintara TNI AD meliputi Sersan Mayor atau disingkat Serma dengan tanda empat garis panah. Kemudian yang ke dua yaitu Sersan Kepala atau disingkat Serka dengan tanda tiga garis panah. Selanjutya yang ke tiga yaitu Sersan satu atau disingkat Sertu dengan tanda dua garis panah dan yang terakhir yaitu Sersan Dua atau disingkat Serda.

TAMTAMA KEPALA

Terdiri dari tiga pangkat ditingkatan Bintara TNI AD meliputi Kopral Kepala atau disingkat Kopka dengan tanda 3 garis panah merah. Kemudian yang ke dua adalah Kopral Satu atau disingkat Koptu dengan tanda dua garis panah merah dan yang terakhir adalah Kopral dua atau disingkat Kopda dengan tanda satu garis panah merah.

TAMTAMA

Terdiri dari tiga jenjang pangkat di tingkatan Tamtama TNI AD melipui Prajurit Kepala atau disingkat Praka dengan tanda tiga garis merah. Kemudian yang ke dua yaitu Prajurit Satu atau disingkat Pratu dengan tanda dua garis merah dan yang terakhir yaitu Prajurut Dua atau disingkat Prada dengan tanda satu garis merah.

URUTAN PANGKAT TNI ANGKATAN UDARA (AU)

TNI Angkatan Udara atau disingkat TNI-AU adalah Pangkat Kehormatan untuk TNI Angkatan Udara yaitu berupa pangkat Masekal Besar dengan tanda bintang lima. Sepanjang sejarah Indonesia belum ada orang yang mendapatkan pangkat ini.

PERWIRA TINGGI (PATI)

Terdiri dari empat jenjang pangkat ditingkatan Perwira Tinggi TNI AD meliputi Marsekal atau disingkat Mars yang merupakan sistem pangkat tertinggi TNI AU dengan tanda empat bintang. Kemduian yang ke dua yaitu pangkat Marsekal Madya atau disingkat Marsdya dengan tanda tiga bintang.

Selanjutnya yang ke tiga yaitu Marsekal Muda atau disingkat Marsda atau disingkat Marsma dengan tanda dua bintang dan yang terakhir yaitu Marsekal Pertama atau disingkat Marsma dengan tanda satu bintang.

PERWIRA MENENGAH (PAMEN)

Terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Perwira menengah TNI Angkatan Darat meliputi yang tertinggi yaitu kolonel atau disingkat Kol. Untuk pangkat Letnan Kolonel diberikan tanda tiga simbol. Kemudian yang ke dua yaitu Letnan Kolonel atau disingkat Letkol dengan tanda dua simbol dan yang terakhir yaitu Mayor atau disingkat May dengan tanda satu simbol.

PERWIRA PERTAMA (PAMA)

Terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Perwira Pertama TNI AD meliputi Kapten atau disingkat Kapt dengan tanda tiga garis. Kemudian yang ke dua yaitu Letnan Satu atau disingkat Lettu dengan tanda dua garis dn yang terakhir yaitu Letnan dua atau disingkat Letda dengan tanda satu garis.

BINTARA TINGGI

Terdiri dari dua pangkat di tingkatan Bintar Tinggi AD meliputi Pembantu Letnan Satu atau disingkat Peltu dengan tanda dua garis dan Pembantu Letnan Dua atau disingkat Pelda dengan tanda satu garis.

BINTARA

Terdiri dari empat pangkat di tingkatan Bintara yang meliputi Sersan Mayor atau disingkat Serma dengan tanda empat garis panah. Kemudian yang ke dua Sersan Kepala atau disingkat Serka dengan tanda tiga garis panah.

Selanjutnya yaitu Sersan Satu atau disingkata Sertu dengan tanda dua garis panah dan yang terakhir yaitu Sersan dua (Serda) dengan tanda satu panah.

TAMTAMA KEPALA

Tamtama Kepala terdiri dari dari tiga pangkat di tingkatan. Tamtama Kepala meliputi Kopral Kepala atau disingkat Kopka dengan tanda tiga panah merah. Kemudian yang ke dua yaitu Kopral Satu atau disingkat Koptu dengan tanda dua panah merah dan yang terakhir yaitu Kopral dua atau disingkat Kopda dengan tanda satu panah merah.

TAMTAMA

Terdiri dari tiga pangkat di tingkatan Tamtama TNI AD yang meliputi Prajurit Kepala atau disingkat Praka, dengan tanda tiga garis merah. Selanjutnya laitu Prajurit Satu atau disingkat Pratu, dengan tanda dua garis merah dan yang terakhir yaitu Prajurit Dua atau disingkat Prada dengan tanda satu garis merah.

Itulah urutan pangkat TNI dari yang tertinggi sampai yang terbawah dan terdiri dari TNI Angkatan Laut (AL), TNI Angkat Darat (AD) dan TNI Angkatan Udara (AU). Urutan pangkat TNI dimulai dari tingkat Perwira Tinggi, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara Tinggi, Bintara, Tamtama Kepala, dan Tamtama. Cukup banyak jika anda ingin menghapal dan paham mengenai pangkat-pangkatnya.

Share :      
Irwin Day

Lahir seorang besar dan tenggelam beratus ribu. Keduanya harus dicatet, keduanya dapat tempat - "Catetan Th. 1946" - Chairil Anwar